Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisatawan ke Kepulauan Derawan Kaltim Melonjak

Kunjungan wisatawan ke Kepulauan Derawan meningkat signifikan setelah puncak pandemi Covid-19 pada 2020.
Pulau Derawan./Bisnis
Pulau Derawan./Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Kunjungan wisatawan ke Kepulauan Derawan pada tahun 2022  tercatat mengalami kenaikan yang signifikan, yaitu sebesar 180,83 persen (yoy) dari tahun sebelumnya. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Ricky P Gozali jelas Ricky P Gozali menyatakan tercatat sebanyak 397.337 pengunjung, dengan 286 orang di antaranya adalah wisatawan mancanegara sepanjang 2022.

“Kunjungan wisatawan ke Kepulauan Derawan meningkat signifikan setelah puncak pandemi Covid-19 pada 2020,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (14/6/2023).

Dia mengakui potensi wisata Kepulauan Derawan sebagai salah satu faktor pendorong perekonomian baru di Kalimantan Timur.

"Kepulauan Derawan sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan merupakan salah satu dari delapan Destinasi Pengembangan Pariwisata (DPP) Nasional," sebutnya.

Tidak hanya itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Berau mencatat, terdapat 159 wisata alam, 39 wisata budaya, dan 27 wisata buatan hingga Mei 2023. 

Menurutnya, kepulauan yang dikenal sebagai Amazon of the Seas karena keasrian alam dan keanekaragaman hayati bawah lautnya ini didukung oleh upaya Bank Indonesia yang memasukkan gambar Kepulauan Derawan dalam uang 20.000 Rupiah edisi 2016 hingga edisi terbaru tahun 2022.

"Dengan sinergi yang kuat antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, masyarakat, stakeholder terkait, dan pariwisata di Kalimantan Timur, termasuk Kepulauan Derawan, akan semakin berkembang dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat setempat dan wisatawan yang berkunjung," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper