Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUN Ritel Seri SBR007 Diperkenalkan ke Masyarakat Banua

Surat Utang Negara (SUN) Ritel Seri SBR007 resmi dikenalkan kepada masyarakat Banua.
Perwakilan BI Provinsi Kalsel berkolaborasi dengan Kemenkeu RI memperkenalkan SUN Ritel Seri SBR007./Bisnis - Arief Rahman
Perwakilan BI Provinsi Kalsel berkolaborasi dengan Kemenkeu RI memperkenalkan SUN Ritel Seri SBR007./Bisnis - Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARMASIN – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalsel bekerjasama dengan Kementrian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) secara resmi memperkenalkan Surat Utang Negara (SUN) Ritel Seri SBR007 kepada masyarakat Banua.

Kasubbid Hukum dan Evaluasi Transaksi Surat Utang Negara, Pengeluaran dan Resiko Keuangan Kemenkue RI Maria MC Siregar menjelaskan, kehadiran SUN Ritel Seri SBR007 diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Banua sebagai salah satu instrumen investasi yang menguntungkan bagi mereka.

“SUN Ritel Seri SBR007 dijual kepada investor individu secara online dengan tingkat kupon mengambang atau floating. Pembukaan masa penawaran SBR007 sudah dimulai pada 11 Juli dan penutupan pada 25 Juli Tahun 2019 dengan target dana terkumpul mencapai 2 Triliun Rupiah,” ujarnya di sela-sela kegiatan Edukasi dan Sosialisasi SUN Ritel Seri SBR007 di Aula Lantai 6 Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel, Senin (15/07/2019).

SUN Ritel Seri SBR007 sendiri mempunyai tanggal jatuh tempo pada 10 Juli Tahun 2021. Ada pun tingkat kupon untuk periode tiga bulan pertama yaitu 31 Juli sampai 10 Oktober 2019 adalah 7,5 persen yang berasal dari suku bunga acuan pada penetapan kupon 6,00 persen ditambah spread tetap 150 basis poin (1,5 persen). Tingkat kupon berikutnya akan disesuaikan setiap tiga bulan pada tanggal penyesuaian kupon sampai jatuh tempo dan didasarkan pada suku bunga.

Proses pemesanan pembelian Sun Ritel Seri SBR007 secara online di­lakukan melalui 20 mitra distribusi yang mempunyai interface dengan sistem elektronik e-SBN melalui empat tahap, diantaranya registrasi, pemesanan, pembayaran dan setelmen atau konfirmasi. Mitra distribusi tersebut meliputi 12 bank umum, enam perusahan efek dan efek khusus, serta dua perusahaan berbasis teknologi finansial (fintech).

“Kami berharap Sun Ritel Seri SBR007 tidak hanya diminati oleh kalangan orang tua, namun juga dari kalangan millenial. Untuk itulah kita menjualnya mulai harga Rp1 juta agar bisa dibeli oleh kalangan millenial sebagai sarana investasi mereka,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalsel Herawanto menambahkan, Sun Ritel Seri SBR007 merupakan cara pemerintah menarik dana segar dari masyarakat untuk menambah kekurangan dana pembangunan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Ia memastikan instrumen investasi Sun Ritel Seri SBR007 aman untuk dibeli oleh masyarakat karena dikeluarkan langsung oleh pemerintah. Jadi tentu secara risiko sangatlah kecil bahkan tidak ada.

“Melalui kegiatan ini kami ingin berupaya agar masyarakat Banua untuk dapat mengambil kesempatan membeli investasi Sun Ritel Seri SBR007. Karena bukan hanya bisa mendatangkan keuntungan bagi mereka, namun juga bisa sekalian membantu pemerintah dalam menambal kekurangan biaya pembangunan di APBN,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arief Rahman
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper