Jembatan Gandeng Kapuas I akan Jadi Ikon Wisata Pontianak

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memastikan proses pembangunan jembatan gandeng Kapuas I akan segera direalisasikan di mana jembatan ini nantinya akan menjadi salah satu ikon wisata sungai di Pontianak.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Juli 2019  |  14:19 WIB
Jembatan Gandeng Kapuas I akan Jadi Ikon Wisata Pontianak
Ilustrasi. Sebuah Kapal Motor Penumpang (KMP) bermuatan kendaraan bermotor dan penumpang menyeberangi Sungai Kapuas di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (15/5/2019). - ANTARA/Jessica Helena Wuysang

Bisnis.com, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memastikan proses pembangunan jembatan gandeng Kapuas I akan segera direalisasikan di mana jembatan ini nantinya akan menjadi salah satu ikon wisata sungai di Pontianak.

"Saya sudah minta untuk pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I di desain semenarik mungkin, sehingga setelah jadi bisa menjadi salah satu ikon wisata sungai di Pontianak, mendukung water front sungai Kapuas yang sudah ada saat ini," kata Sutarmidji di Pontianak, Senin (30/7/2019).

Dia mengatakan, perkiraan biaya yang diperlukan untuk jembatan gandeng Kapuas I ini akan menghabiskan anggaran Rp563 miliar dan akan didesain menarik untuk mempercantik water front city yang ada di bawahnya.

"Kita akan membuat turunan jembatan ini seolah-olah menyentuh water front sungai Kapuas sehingga kalau dilihat dari arah kota, jembatan ini seperti gerbang dan akan memperantik kawasan wisata di Pontianak ini," tuturnya.

Kemudian, katanya, di bagian gerbang Pontianak Timur direncanakan akan dibuat jalan layang untuk menghindari penggusuran makam yang ada disana. "Karena kalau sampai kita harus menggusur makam yang ada, jelas ini akan repot, maka harus dibuat jalan layang untuk menghubungkannya dengan jalan Sultan Hamid I," katanya.

Untuk memperlancar pembangunan jembatan tersebut dirinya meminta kepada Wali Kota Pontianak untuk fokus pada pembebasan lahan dimana Pemprov Kalbar akan mencari jalan untuk membantu hal tersebut.

"Jika Wali Kota Pontianak mampu membebaskan lahan pada tahun depan, maka tahun depan juga jembatan gandeng Kapuas I ini akan dibangun," kata mantan Wali Kota Pontianak selama dua periode ini.

Sutarmidji menambahkan, saat ini Pemprov Kalbar bersama pihak terkait sedang melakukan kajian untuk pembangunan jalan penghubung antara duplikasi jembatan Landak dan jembatan gandeng Kapuas I tersebut.

"Kemungkinan, parit yang ada disepanjang jalan Sultan Hamid akan diperkecil, saya rasa itu tidak ada masalah mengingat aksesnya ke Sungai juga dekat sehingga air bsia disalurkan dengan cepat ke sungai. Namun, ini harus dikaji lebih jauh lagi agar pembangunan jalannya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari," katanya.

Dia juga mengatakan, pembangunan jembatan gandeng Kapuas I ini merupakan salah satu dari lima proyek strategis nasional yang akan dibangun di Kalbar selain proyek pembangunan PORR dan jembatan Kapuas 3 di Kabupaten Kubu Raya-Mempawah, Jembatan Sungai Besar di Sambas, Jalan Paralel Perbatasan dan Pembangunan jalan tol Pontianak-Singkawang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kalbar

Sumber : Antara

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top