Makanan Bergizi & Pola Asuh Berperan Besar Tumbuh Kembang Anak

Makanan yang bergizi dan pola asuh yang diberikan kepada anak, perannya sangatlah strategis dalam menentukan tumbuh kembang anak di masa depan.
Arief Rahman
Arief Rahman - Bisnis.com 21 Agustus 2019  |  16:00 WIB
Makanan Bergizi & Pola Asuh Berperan Besar Tumbuh Kembang Anak
Nestle Lactogrow menggelar kegiatan workshop bersama para orang tua, komunitas blogger dan insan pers di Banjarmasin - Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARMASIN- Makanan yang bergizi dan pola asuh yang diberikan kepada anak, perannya sangatlah strategis dalam menentukan tumbuh kembang anak di masa depan.

Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Workshop 'Grow Happy Parenting: Happy From The Inside Out' yang digelar oleh Nestle Lactogrow, Rabu (21/8/2019) di Hotel Best Westren Kindai Hotel Banjarmasin.

"Makanan yang bergizi sangat erat kaitannya dengan baiknya tumbuh kembang anak. Karena itulah saya sarankan agar memperhatikan betul makanan yang dikonsumsi oleh anak, baik itu harus bergizi seimbang dan juga mengandung probiotik," tegas Dokter Spesialis Anak Ariani Dewi Widodo saat menyampaikan materi.

Probiotik sendiri sangatlah membantu agar makanan yang bergizi dapat terserap secara baik oleh saluran cerna. Biasanya diantara sekian banyak Probiotik, Lactobacillus Reuteri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh.

Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yoghurt.

"Kalau makanan bergizi terserap optimal dalam saluran cerna, anak menjadi tidak gampang terkena penyakit. Kalau tidak sakit-sakitan maka tentu anak akan mudah beraktivitas untuk bisa mencapai prestasi yang gemilang demi masa depannya," tambahnya.

Sementara itu, Psikolog Elizabeth Santosa menegaskan, selain memberikan makanan bergizi, pola asuh anak juga memiliki peran yang tidak kalah penting dalam tumbuh kembang anak. Pola asuh anak yang baik salah satu caranya adalah mendorong kematangan emosi kepada anak.

"Untuk bisa membuat kematangan emosi pada anak dapat dibantu dengan mempraktekkan prilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur. Anak yang pintar bersyukur maka akan tumbuh menjadi pribadi yang optimis, berempati tinggi dan bahagia," katanya.

Selain itu pola asuh anak yang baik lainnya adalah membuatnya lebih bahagia.

Menjadikan anak lebih bahagia bisa dimulai dengan banyak cara, mulai dari memberikan makanan bergizi tepat waktu, mencukupi waktu tidurnya, meluangkan waktu bermain dan ekspoitasi kepada anak, memberikan cinta tanpa syarat, mengajarkan ekspresi emosi secara positif hingga antusias saat mendengarkan anak saat berbicara.

"Kalau semua ini bisa diberikan, maka anak akan tumbuh bahagia. Kalau mereka bahagia maka tentu akan mudah menyerap berbagai ilmu yang diberikan disekolahnya untuk meraih prestasi yang membanggakan bagi orang tua dan masa depannya," jelasnya.

Dilain pihak, Brand Executive Nestle Lactogrow Pramudita Sarastri menambahkan, kegiatan kali ini merupakan upaya pihaknya dalam rangka mengajak orang tua untuk mendukung anak dapat tumbuh bahagia dengan menggelar rangkaian Workshop Grow Happy Parenting di delapan Kota di Indonesia, termasuk di Kota Banjarmasin.

Selain konsisten menghadirkan workshop untuk berbagi ilmu dan pola asuh yang baik dengan melibatkan pakar, Nestle Lactogrow juga turut mendukung tumbuh kembang anak Indonesia dengan menghadirkan susu yang diperkaya kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, tujuh mineral dan omega 3 dan 6 serta mengandung probiotik lactobacillus reuteri.

Nestle Lactogrow bersama para pakar dalam kesempatan ini berbagi ilmu untuk membantu orang tua memenuhi kebutuhan gizi dan mengembangkan kematangan emosi anak.

"Mulai dari pendekatan psikoligis hingga cara menjaga kesehatan saluran cerna kita berikan materinya disini, agar orang tua dapat mendukung anak tumbuh bahagia," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan anak, parenting

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top