Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Kabupaten Di Kaltara Ditunjuk Sebagai Sentra Penyangga Pangan IKN

Pemprov Kalimantan Utara segera menyiapkan strategi pengembangan tiga kabupaten yakni Bulungan, Malinau dan Nunukan sebagai kabupaten penyangga pangan ibukota negara (IKN) baru.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 08 September 2019  |  07:06 WIB
Sungai Kayan Kalimantan Utara - Istimewa
Sungai Kayan Kalimantan Utara - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemprov Kalimantan UtaraPemprov Kalimantan Utara segera menyiapkan strategi pengembangan tiga kabupaten yakni Bulungan, Malinau dan Nunukan sebagai kabupaten penyangga pangan ibukota negara (IKN) baru.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara Andi Santiaji Panarangi mengatakan, ketiga kabupaten itu masing-masing memiliki peranan terpisah.

"Malinau direncanakan sebagai sentra produksi padi dan jagung, bulungan dan Nunukan diproyeksikan sentra produksi padi, cabai dan bawang merah," kata Andi dari siaran pers Pemprov dikutip Bisnis, Sabtu (7/9/2019).

Hal itu terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) strategi pengembangan pertanian penyangga kemandirian pangan ibukota negar di Balikpapan, akhir Agustus lalu.

Dalam FGD itu, Kementerian Pertanian telah menyiapkan strategi pengembangan mandiri pangan dengan sistem kluster tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan perkebunan dengan menggunakan teknologi pertanian modern sehingga semua kebutuhan pangan dipenuhi sendiri tanpa adanya impor.

"Menurut Mentan, hal itu dapat diwujudkan karena Kementan sejak awal telah menyiapkan 500 juta pohon bibit tanaman perkebunan yang akan menelan anggaran Rp10 triliun," kata Santiaji

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltara
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top