Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Demi Kerek Jumlah Penumpang, Bandara Sepinggan Tambah Tiga Rute Internasional

Rute-rute tersebut adalah untuk penerbangan dari dan ke Arab Saudi, Brunei Darussalam, dan Malaysia.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 12 September 2019  |  01:11 WIB
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur. - BUMN.go.id
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur. - BUMN.go.id

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur menambah mitra maskapai asing untuk memperbaiki kinerja seiring turunnya jumlah penumpang.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan saat ini, upaya meningkatkan jumlah penumpang adalah dengan fokus pada penerbangan internasional.

Dia menjelaskan pada akhir September 2019, akan ada penerbangan langsung ke Jeddah oleh maskapai Lion Air dengan menggunakan pesawat Airbus 330 900 yang berkapasitas 375 penumpang. Penerbangan dijadwalkan dilakukan selama 4 kali tiap bulannya hingga Januari tahun depan.

Kemudian, pada Oktober 2019, maskapai Royal Brunei akan melayani penerbangan dengan rute Balikpapan—Bandar Seri Begawan PP sebanyak 7 kali seminggu.

Air Asia juga akan segera melayani penerbangan ke Malaysia. Saat ini, maskapai asal Negeri Jiran itu sedang melakukan kajian.

Selain rute internasional, rencananya ada tiga maskapai penerbangan yang siap kembali menghidupkan penerbangan ke bandara tersebut.

Farid mengungkapkan Citilink dan Lion Air sedang mengajukan slot penerbangan ke Jakarta. Sementara itu, Garuda Indonesia sedang dalam tahap evaluasi.

“Bukan mengusulkan tambahan rute, tetapi yang tadinya tidak dioperasikan dihidupkan kembali. Akhir bulan ini akan keluar lah informasi lengkapnya,” tuturnya, Rabu (11/9/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura i bandara sepinggan
Editor : Anitana Widya Puspa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top