300 Pelanggan Masih Menanti Layanan Air Bersih

Pemerintah kota Balikpapan mempercepat penyaluran air bersih kepada 300 pelanggan di wilayah air PDAM yang belum mengalir.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 26 September 2019  |  07:29 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN-- Pemerintah kota Balikpapan mempercepat penyaluran air bersih kepada 300 pelanggan di wilayah air PDAM yang belum mengalir.

Musim kemarau panjang menjadi penyebab krisis air bersih di kota minyak itu, dengan kondisi mengecilnya debit air. Kondisi itu mengakibatkan air PDAM sulit mengalir di sejumlah wilayah selama lebih dari 2 pekan ini.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjelaskan bahwa persoalan air bersih utamanya dialami warga di Balikpapan Barat. Menurutnya saat ini aliran air tidak bisa menyuplai ke wilayah ting karena keberadaan reservoir kurang mampu mendorong suplai air ke wilayah perbukitan. Selain itu, lanjut dia terdapat pipa distribusi yang bocor dan booster yang tak efektif.

Rizal menekankan akan mengatasi sejumlah gangguan teknis tersebut secara simultan dengan distribusi air dengan tangki.

"Ada 300 pelanggan masih menunggu layanan tangki antara satu sampai dua Minggu. Namun hari ini, atau paling lambat besok, akan dilayani, sehingga warga bisa mendapatkan air bersih,"ungkapnya Rabu (25/9/2019).

Direktur Utama PDAM Tirta Manggar Balikpapan Haidir Effendi mengatakan bisa mengoperasikan 20 kendaraan tangki air guna menyuplai kebutuhan warga. Daerah yang masih sulit umumnya ada di ketinggian, seperti Sidodadi, Askit dan Gunung Bugis sedangkan wilayah Selatan daerah Prona 3.

Tangki air itu terdiri atas 8 unit milik PDAM dan sisanya bantuan dari Dinas Perumahan dan Permukiman serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Pasalnya, saat ini kemampuan tim distribusi tangki air PDAM sangat terbatas.

Dia menggambarkan bahwa dalam satu hari, rata rata kemampuan maksimal mengantar hingga 5 kali. Dengan tambahan armada, PDAM bisa memenuhi 100 permintaan dalam sehari. PDAM juga mengalokasikan satu tangki yang bisa melayani secara eceran supaya warga bisa membeli satu drum atau dua drum.

Saat ini kapasitas tangki yang dimiliki PDAM Balikpapan berkisar antara 3-5 kubik. Harga jual air bersih Rp10.000 perkubik yang diambil dari pos pengisian tangki Jalan MT Haryono. Namun di pasaran, harga jual air tangki PDAM bisa mencapai Rp100.000 dengan biaya pengantaran yang bergantung pada jarak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
air bersih

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top