KPU Kota Balikpapan akan All Out Capai Partisipan 80 Persen

KPU kota Balikpapan akan meningkatkan target partisipasi masyarakat dalam pilkada 2020 hingga mencapai 80 persen.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 09 Oktober 2019  |  19:00 WIB
KPU Kota Balikpapan akan All Out Capai Partisipan 80 Persen
Ilustrasi - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum kota Balikpapan akan meningkatkan target partisipasi masyarakat dalam pilkada 2020 hingga mencapai 80%.

Ketua KPU Balikpapan Noor Toha mengatakan salah satunya berharap dengan lebih tingginya calon independen untuk terlibat dalam pilkada ini sehingga dapat memberikan alternatif pilihan yang lebih beragam. Selama ini jumlah dalam pilkada selalu jauhdi bawah target semestinya sekitar 70%.

“Sebelumnya dalam riwayat pilkada lalu hanya 59%--60%. Target tahun ini 77,5%-80%. Kami akan all out .Apalagi kami harapkan banyak calon perorangan yang bisa lolos. Semakin banyak calon entitas masyarakat terwakili. Banyak yang nggak milih karena pilihannya nggak sreg kan,” jelasnya Rabu (9/10/2019).

Selain itu tingkat partisipasi dalam pilkada berbanding terbalik dengan partisipasi pemilih pada pileg 2019 yang mencapai 80 persen.

“Kemungkinan besarnya rendahnya pemilih berasal dari rendahnya pemilih milenial. Stigma buruk soal politik bagi generasi millennial,” tekannya.

Resmi dibukanya peluncuran pilkada 2020 pada Oktober 2019 diharapkan bisa mencabut stigma buruk dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Pramono Ubaid mengatakan, mengapresiasi kota Balikpapan sebagai salah satu dari dari lima daerah yang telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Faktanya, banyak para pemimpin daerah enggan menandatangani NPHD karena merasa tidak ikut lagi dalam pilkada berikutnya,”tekannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kpu, balikpapan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top