Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaltara Raih Gelar Provinsi Terbaik, Ini Penyebabnya

Kementerian Ketenagakerjaan menobatkan Kalimatan Utara sebagai provinsi terbaik dalam Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) kategori provinsi kecil.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 14 Oktober 2019  |  21:46 WIB
Kaltara Raih Gelar Provinsi Terbaik, Ini Penyebabnya
Seniman asal Kalimantan Utara menampilkan kesenian tari Menjung Lepo dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (12/10/2019). - Antara/Aditya Pradana Putra
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan menobatkan Kalimatan Utara sebagai provinsi terbaik dalam Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) kategori provinsi kecil.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan Kaltara meraih nilai IPK sebesar 69,8 poin mengungguli Provinsi Papua Barat dan Sulawesi Tenggara, masing-masing di urutan kedua dan ketiga.

"Kami meraih yang terbaik untuk kategori provinsi kecil, sedangkan kategori provinsi besar diraih Jawa Tengah dan sedang provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Irianto dari siaran pers Pemprov dikutip Bisnis, Senin (14/10/2019).

Irianto menjelaskan penilaian keberhasilan dari Kementerian Ketenagakerjaan dilihat dari sejumlah indikator seperti kesempatan kerja, hubungan industrial, pengupahan, kooperatif menampung usulan perwakilan pekerja melalui organisasi, penyelesaian perlindungan pekerja, sengketa ketenagakerjaan.

Menurutnya, dengan penghargaan tersebut adalah yang dua tahun berturut-turut dan Kaltara merupakan penduduk yang belum mencapai 1 juta sehingga masuk kategori kecil.

Dari catatan Badan Pusat Statistik, angkatan kerja di Kaltara mencapai 356.282 orang mencakup 356.601 orang bekerja dan 20.681 orang pengangguran.

Adapun tingkat partisipasi angkatan kerja pada 2019 sebesar 69,06% dan pada 2018 sebesar 70,06%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltara
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top