Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stadion Batakan Diusulkan Jadi Venue Piala Dunia U-20

Pemerintah Kota Balikpapan akan mengajukan stadion Batakan sebagai salah satu tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2021.
Trofi Piala Dunia u-20/FIFA
Trofi Piala Dunia u-20/FIFA

Bisnis.com, BALIKPAPAN-- Pemerintah Kota Balikpapan akan mengajukan stadion Batakan sebagai salah satu tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2021.

Wali Kota Rizal Effendi mengatakan usulan itu akan disampaikan kepada Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Senin (28/10/2019). Hal itu bersamaan dengan kunjungan pemkot ke Jakarta untuk menerima penghargaan Balikpapan sebagai kota layak pemuda.

“Kami akan usulkan dengantindak lanjut kirim surat ke Menpora, Senin pekan depan,” katanya Sabtu (26/10/2019).

Rizal, menjelaskan bahwa fasilitas di dalam stadion tersebut telah memenuhi standar internasional. Hanya saja memang diperlukan beberapa penambahan seperti lapangan di luar stadion untuk pelatihan dan pemanasan. Selain itu juga pembenahan di lansekap di dalamnya.

Dia optimistis sejumlah perbaikan masih sempat dilakukan mengingat waktu penyelenggaraan yang masih 2 tahun mendatang.

"Apalagi kalau ditetapkan bisa disupport menpora dapat bantuan APBN. Masih 2021. Masih sempat," jelasnya Sabtu (26/10/2019).

Stadion Batakan saat ini memiliki kapasitas 40.000 penonton

Piala Dunia Usia 20 merupakan kejuaraan sepak bola resmi yang diadakan FIFA setiap dua tahun sekali. Kejuaraan ini diikuti oleh setiap negara yang mengirimkan tim nasional sepak bola di kelompok umur di bawah 20 tahun.

Federasi sepak bola dunia (FIFA) telah menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam pengumuman yang berlangsung di Shanghai, China, pada Kamis (24/10/2019). Indonesia menyisihkan dua negara Amerika Selatan, yakni Brazil dan Peru.

Indonesia menyiapkan sepuluh stadion untuk menggelar kejuaraan itu, yakni; Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya). Turnamen akan diikuti 20 negara peserta dan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper