Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disnaker Balikpapan Buka Kafe Layanan Pencari Kerja Setelah Jam Kerja

Kepala Disnaker Balikpapan, mengatakan kafe pelayanan tersebut diberi nama Job Cafe. Pelayanannya pun bersifat santai dan jauh dari kesan informal.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan membuka kafe pelayanan publik yang dibuka setelah operasional jam kerja selesai.

Kepala Disnaker Balikpapan Tirta Dewi mengatakan kafe pelayanan tersebut diberi nama Job Café. Pelayanannya pun bersifat santai dan jauh dari kesan informal. Konsep ini dibangun lantaran para pencari kerja didominasi para generasi milenial. Inovasi pelayanan ini dengan melihat momen sebagai daerah penyangga Ibu Kota Baru.

“Jadi kami mencoba pendekatan dengan istilah dan cara-cara yang dekat dengan keseharian mereka,” katanya Selasa (12/11/2019).

Dia menjelaskan masyarakat atau perncari kerja bisa membuat kartu pencari kerja (AK1) yang dikenal dengan istilah kartu kuning. Atau juga bisa juga sekadar konsultasi pencari kerja atau perusahaan, serta layanan ketenagakerjaan di luar sengketa.

Saat ini program Job Café Sahabat baru buka dua kali seminggu, yakni Rabu malam dan Jumat malam. Layanan dibuka mulai pukul 19.00-21.00 Wita. Sesuai namanya, masyarakat yang meminta pelayanan akan mendapat aneka minuman yang diiringi hiburan ringan.

Dengan dibukanya program ini, masyarakat yang tidak memiliki waktu mengurus pada siang hari bisa mendapatkan pelayanan.

Sampai saat ini Disnaker mencatat pelayanan penerbitan kartu pencari kerja mendominasi urusan kantor itu. Dalam sehari, Disnaker bisa memproses 30 AK1.

Menurut data Disnaker, jumlah pencari kerja tahun ini mencapai 8.238 orang. Sementara jumlah perusahaan atau badan usaha yang tersedia tak lebih dari 3.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper