Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Proyek Kilang Balikpapan Diharapkan Bisa Dipercepat 3 Bulan

Pemerintah mengharapkan dapat mempercepat pembangunan Refinery Development Master Plan (RDMP), RU V Balikpapan, Kalimantan Timur.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 November 2019  |  20:05 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif - ANTARA/Wahyu Putro A
Menteri ESDM Arifin Tasrif - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah mengharapkan dapat mempercepat pembangunan Refinery Development Master Plan (RDMP), RU V Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan Proyek RDMP Kilang RU V Balikpapan merupakan salah satu dari empat kilang yang akan ditingkatkan kapasitasnya.

"Jangan dilupakan Project Monitoring and Controlling. Kami berharap proyek bisa dipercepat paling tidak 3 bulan. Tetap menjaga keselamatan kerja serta memperhatikan kemampuan karyawannya,"jelas Arifin, Minggu (17/11/2019).

Selain meningkatkan kapasitas kilang 100.000 barrel per day, Proyek RDMP Kilang Balikpapan  meningkatkan kualitasi produk BBM dari setara Euro II menjadi setara Euro V.

Proyek dengan total nilai investasi US$ 6,5 miliar ini direncanakan mulai beroperasi pada 2023 untuk fase 1 dan fase 2 tahun 2025. Pada tahap konstruksi ini diperkirakan menyerap sekitar 15.000 tenaga kerja dan sekitar 800 orang pada saat kilang sudah beroperasi.

Proyek RDMP diharapkan Juli 2023 dapat beroperasi. Pencapaian saat ini melebihi target yang sudah ditetapkan untuk Oktober 2019.

Kepala ESDM Kaltim Wahyu Widhi Heranata menyampaikan sesuai keinginan Gubernur Kaltim Isran Noor tenaga kerja yang diterima saat pelaksanaan kontruksi maupun beroperasi diutamakan dari lokal Kaltim.

"Tentunya mereka yang memiliki kompetensi bagus,"tekannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kilang balikpapan
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top