Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi Kaltara Tumbuh Di Atas Rerata 6,53 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan ekonomi Kalimantan Utara tumbuh sebesar 6,53 persen pada kuartal III/2019 dibandingkan dengan kuartal III/2018.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 21 November 2019  |  03:31 WIB
Ilustrasi pembangunan apartemen - Reuters
Ilustrasi pembangunan apartemen - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan ekonomi Kalimantan Utara tumbuh sebesar 6,53 persen pada kuartal III/2019 dibandingkan dengan kuartal III/2018.

Dikutip dari siaran resmi statistik BPS, pertumbuhan ekonomi disumbang oleh lapangan usaha seperti konstruksi sebesar 12,15 persen, diikuti jasa pendidikan sebesar 9,95 persen dan perdagangan besar dan eceran sebesar 8,95 persen.

Selain itu, pertambangan dan penggalian sebesar 25,94 persen, pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 16,08 persen, dan reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 12,27 persen.

Sementara penyumbang dari sisi pengeluara, ekonomi Kaltara oleh komponen ekspor barang dan jasa sebesar 14,55 persen, komponen pengeluaran konsumsi lembaga non-profit yang melayani rumah tangga sebesar 13,26 persen dan pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 6,90 persen.

Di tingkat kawasan regional Kalimantan, Kaltara bersama dua provinsi lain yakni Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) mengalami pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata.

Kaltim mencatatkan pertumbuhan sebesar 6,89 persen dan Kalteng sebesar 5,31 persen. Adapun dua provinsi Kalimantan lainnya, yaitu Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan mencatatkan pertumbuhan ekonomi di bawah rata-rata yaitu masing-masing 4,95 persen dan 3,72 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top