Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Menurun, Sebaran Penduduk Miskin Balikpapan Merata

BPS Balikpapan mencatat angka kemiskinan di daerah tersebut pada 2019 turun sekitar 800 jiwa atau menyusut dari 2,6 persen jadi 2,42 persen dari tahun sebelumnya.
Ilustrasi/Antara-Feny Selly
Ilustrasi/Antara-Feny Selly

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan mencatat angka kemiskinan di daerah tersebut pada 2019 turun sekitar 800 jiwa atau menyusut dari 2,6 persen jadi 2,42 persen dari tahun sebelumnya.

Program yang dilakukan Dinas Sosial Balikpapan berperan penting dalam perubahan tersebut.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Balikpapan Purnomo mengatakan bahwa pada tahun lalu pihaknya menjalankan program dari pemerintah pusat seperti bantuan pangan nontunai kepada masyarakat tidak mampu dan program keluarga harapan.

"Di samping itu juga ada pemberdayaan kepada orang miskin. Jadi kegiatan yang kita lakukan tujuannya adalah untuk mengurangi. Kalau nanti hasil dari kegiatan itu berdampak positif, kita teruskan," katanya saat dihubungi, Rabu (22/1/2020).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Balikpapan, kegiatan Dinsos yang juga memberikan keterampilan berdampak pada meningkatnya daya beli. Purnomo menjelaskan bahwa sebaran penduduk miskin di bumi etam merata.

"Setiap kecamatan ada dan tidak ada spot-spot yang jadikan itu lokasi banyak [penduduk tidak mampu]. Sebarannya banyak karena wilayah perkotaan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Balikpapan Ahmad Zain mengatakan bahwa perekonomian yang membaik berakibat pada turunnya inflasi di Balikpapan. Berdasarkan data BPS, inflasi pada 2019 turun hampir 2 persen dibanding tahun sebelumnya

"Karena inflasi Balikpapan hanya 1,88 persen saja. Jadi dibandingkan dengan tahun kemarin turun, tahun kemarin 3,13 peren," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper