BNI: DPK di Balikpapan Stagnan, Kredit Cerah

Penghimpunan dana pihak ketiga atau DPK di Balikpapan, Kalimantan Timur dianggap masih biasa saja. Perputaran ekonomi belum signifikan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 06 Februari 2020  |  18:17 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Penghimpunan dana pihak ketiga atau DPK di Balikpapan, Kalimantan Timur dianggap masih biasa saja. Perputaran ekonomi belum signifikan. 

Kepala Cabang PT BNI (Persero) Balikpapan, Bintara mengatakan bahwa DPK yang dihimpun perusahaan selama 2019 sekitar Rp4 triliun. Kontribusi terbesar dari tabungan.

 “Giro masih landai. deposito ada peningkatan. Kisarannya untuk saat ini CASA (current account saving account/rasio dana murah) itu 70 persen. Sisanya deposito,” katanya saat ditemui di ruangannya, Kamis (6/2/2020).
 
Bintara menjelaskan bahwa meski DKK berjalan di tempat, kredit baik itu konsumsi maupun produksi cukup melesat. Salah satunya yang besar adalah kredit usaha rakyat (KUR).
 
“Kemarin [pada 2019] penyalurannya lumayan besar di atas Rp120 miliar. Pertumbuhannya di atas 17 persen dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini taget juga 17 persen,” jelasnya.
 
Sementara itu kredit secara keseluruhan tumbuh 12 persen dibandingkan 2018. Tahun ini, perseroan mematok naik jadi 15 persen. 
 
Bintara menjelaskan bahwa perbankan optimistis lebih baik. Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar proyek-proyek yang menunjang perpindahan ibu kota negara baru (IKNB) dapat dikerjakan pada 2020.
 
Proyek-proyek besar seperti perluasan jalan tol dan pembangunan kilang minyak memiliki dampak domino terhadap penyaluran kredit di Bumi Etam. Pembelian alat berat, transportasi, perumahan dia pastikan terstimulasi.
 
“Semua akan tersupport bahkan ke cathering. Juga man power. Projek itu kan butuh tenaga kerja. 2020 saja masuk 20.000 tenaga kerja. Kalau masuk 5.000 saja, pasti ekonomi akan bergerak. Karena mereka perlu makan, papan, sandang,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bni, balikpapan

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top