Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Rumah Balikpapan Naik Tipis pada Triwulan IV, Penjualan Naik

Harga rumah di Balikpapan tumbuh terbatas pada triwulan IV tahun 2019. indeks harga properti pesidensial atau IHPR tumbuh 0,01 persen atau lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya 0,29 persen.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Harga rumah di Balikpapan tumbuh terbatas pada triwulan IV tahun 2019. indeks harga properti pesidensial atau IHPR tumbuh 0,01 persen atau lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya 0,29 persen.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan, Bimo Epyanto mengatakan bahwa lesunya IHPR didorong oleh perlambat pertumbuhan indeks harga untuk rumah tipe kecil dan rumah tipe sedang.

“Sementara IHPR untuk rumah tipe menengah tumbuh positif pascaterkontraksi pada triwulan sebelumnya. Secara tahunan, IHPR pada triwulan IV 2019 juga lebih rendah dibandingkan triwulan III-2019, dari 0,83 persen menjadi 0,52 persen,” katanya melalui pesan instan kepada wartawan, Rabu (4/3/2020).

Bimo menjelaskan bahwa di tengah kenaikan indeks harga yang terbatas, penjualan rumah pada triwulan IV tumbuh positif sebesar 28,45 persen, setelah sebelumnya terkontraksi sebesar -63,06 persen pada triwulan III. Ditinjau secara tahunan, penjualan rumah terkontraksi sebesar -62,28 persen.

Penurunan secara tahunan tersebut sejalan dengan menurunnya kredit kepemilikan rumah (KPR). Tercermin dari pertumbuhan KPR di Kota Balikpapan pada triwulan IV tercatat sebesar -0,65 persen periode yang sama dibanding tahun sebelumnya atau year on year/yoy, atau lebih rendah dibandingkan triwulan III yang sebesar 0,37 persen (yoy).

BI memperkirakan IHPR masih relatif belum tumbuh pada triwulan I 2010. Ini tercermin dari perkiraan IHPR triwulan I 2020 yang tercatat sebesar 0 persen. Relatif stagnan dibandingkan 0,01 persen pada triwulan IV 2019.

Stagnasi kenaikan harga rumah akan dialami pada semua tipe rumah yang terlihat dari perkiraan pertumbuhan IHPR triwulan I 2020 masing-masing tipe rumah yang sebesar 0 persen.

Sedangkan secara tahunan, harga rumah juga diperkirakan tumbuh tipis dari 0,52 persen menjadi 0,34 persen pada triwulan I 2020. Hal ini dipengaruhi oleh penurunan pertumbuhan indeks harga pada rumah tipe kecil dan tipe besar yang masing-masing diperkirakan sebesar 1,20 persen dan -0,20 persen.

“Namun demikian, peningkatan harga diperkirakan akan dialami rumah tipe menengah sebesar 0,04 persen. Lebih tinggi dibandingkan -0,26 persen yoy pada triwulan IV-2019,” jelas Bimo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper