Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Singapura Tutup Satu-Satunya Penerbangan Internasional Balikpapan, Penumpang Turun

Singapore Airlines membatalkan dua rute penerbangan dari dan menuju Indonesia untuk jadwal penerbangan hingga periode Mei 2020. Hal serupa dilakukan oleh dan Silk Air dengan membatalkan 10 rute penerbangan pada periode yang sama.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 05 Maret 2020  |  18:54 WIB
Pesawat milik maskapai Scoot, Singapore Airlines, dan Silk Air terlihat di Bandara Changi, Singapura, Selasa (14/8/2018). - Reuters/Edgar Su
Pesawat milik maskapai Scoot, Singapore Airlines, dan Silk Air terlihat di Bandara Changi, Singapura, Selasa (14/8/2018). - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Singapore Airlines membatalkan dua rute penerbangan dari dan menuju Indonesia untuk jadwal penerbangan hingga periode Mei 2020. Hal serupa dilakukan oleh dan Silk Air dengan membatalkan 10 rute penerbangan pada periode yang sama.

Rute yang ditutup yaitu untuk penerbangan 24 April 2020 dengan nomor penerbangan MI137 dan 18 Mei 2020 penerbangan MI133.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Farid Indra Nugraha mengatakan bahwa pengelola tetap melayani rute internasional meski Singapura menutupnya. Untuk penerbangan langsung internasional, SAMS hanya memiliki Balikpapan-Singapura dan sebaliknya.

“SAMS tetap melayani penerbangan internasional. Jika Silk Air menutup, kita tetap melayani internasional,” katanya saat dihubungi, Kamis (5/3/2020).

Farid menjelaskan bahwa saat ini sejak merebaknya wabah Covid-19 atau virus Corona penerbangan langsung ke luar negeri sepi. Setidaknya merosot 1.000 penumpang per bulan

“Sekitar 10 persen dibandingkan hari biasanya,” jelasnya.

Sementara itu Communication and Legal Section Head PT AP 1 SAMS, Andanina Megasari menjelaskan bahwa selain Balikpapan-Singapura, SAMS juga melayani ke Jeddah, Arab Saudi.

Jadwal khusus umrah ini adalah unscheduled flight direct atau hanya tersedia jika ada permintaan dari agen umrah yang telah memenuhi kuota. Akan tetapi sejak ada larangan dari Arab, penerbangan belum dijadwalkan lagi.

“Contohnya bulan Desember lalu. Seingat saya ada 2 kali flight dalam 1 bulan. Penumpangnya para jemaah umroh,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapore airlines
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top