Penajam Minta Penetapan Ibu Kota Negara Tak Sebagian Wilayah Saja

PPU telah meminta kepada pemerintah pusat agar seluruh wilayahnya jadi ibu kota negara (IKN).
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 11 Maret 2020  |  17:10 WIB
Penajam Minta Penetapan Ibu Kota Negara Tak Sebagian Wilayah Saja
Kabupaten Penajam Paser Utara. - JIBI

Bisnis.com, PENAJAM PASER UTARA – Berdasarkan pengumuman yang disampaikan Presiden Joko Widodo, ibu kota negara berada di sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud mengatakan bahwa telah meminta kepada pemerintah pusat agar seluruh wilayahnya jadi ibu kota negara (IKN).

Berdasarkan informasi yang dia dapat, ada sedikit wilayah PPU tidak jadi IKN. Untuk mempermudah tapal batas, lebih baik baik semua Benuo Taka jadi IKN mengingat proses perpindahan hanya tiga tahun.

“Tapi memang harus ada kajian-kajian lagi dari pusat. Kami percayakan pusat. Tapi kalau simpel saja, PPU siap jadi IKN seluruhnya biar tidak repot,” katanya, Rabu (11/3/2020).

Gafur sebelumnya juga telah meminta izin kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Begitu pula dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi tak ada masalah dengan permintaan tersebut. Alasannya sama seperti Bupati Penajam, daerah yang tersisa tinggal sedikit.

"Kenapa tidak sekalian saja [jadi ibu kota seluruhnya]. Untuk memudahkan masyarakat secara administratif," katanya saat ditemui di Penajam, Selasa malam (18/2/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
penajam paser utara, Ibu Kota Dipindah

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top