Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Covid-19 Meningkat, Balikpapan Jadi Zona Merah

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan bahwa total keseluruhan orang dalam pemantauan (ODP) sejak pertama kali ditemukan ada 3.087 kasus.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 22 April 2020  |  13:35 WIB
Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan perkembangan terbaru positif Corona di wilayahnya, Jumat (20/3/2020) - Jaffry Prabu P./Bisnis
Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan perkembangan terbaru positif Corona di wilayahnya, Jumat (20/3/2020) - Jaffry Prabu P./Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Penyebaran pandemi virus Corona atau Covid-19 terus meluas. Di Balikpapan, seluruh kelurahan dan kecamatan ditemukan kasus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan bahwa total keseluruhan orang dalam pemantauan (ODP) sejak pertama kali ditemukan ada 3.087 kasus. Namun, saat ini jumlah ODP tersisa 417 orang.

“Sebaran kasus pasien dengan pengawasan atau PDP mencapai 100 orang. Dari total tersebut, ada 23 kasus terkonfirmasi positif,” katanya di Kantor Wali Kota Balikpapan, Rabu (22/4/2020).

Wanita yang akrab disapa Dio ini menjelaskan bahwa dari semua penderita positif, 6 kasus merupakan transmisi lokal. Pasien yang terjangkit Covid-19 ini juga tidak ada riwayat perjalanan ataupun kontak erat dengan penderita.

”Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan menetapkan Kota Balikpapan sebagai daerah zona merah atau daerah yang terjadi transmisi lokal sejak ditemukan pertama kali pada tanggal 23 Maret dan langsung ditetapkan pada 23 Maret,” jelasnya.

Karena sudah berstatus zona merah, Dio meminta seluruh warga Balikpapan untuk waspada. Tetap gunakan masker jika memang harus keluar rumah. Selain itu, warga juga selalu diimbau untuk menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan air bersih.

“Seluruh kecamatan maupun kelurahan sudah ada kasus, maka, Dinas Kesehatan saat ini tidak dapat memetakan lagi zona merah, kuning, atau hijau,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top