Kinerja Perbankan di Balikpapan Kuartal I/2020 Belum Terdampak Covid-19

Kinerja sektor perbankan di Balikpapan pada tiga bulan pertama tahun ini masih belum terpengaruh oleh meluasnya pandemi Covid-19.
Balikpapan/Ilustrasi
Balikpapan/Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Kinerja sektor perbankan di Balikpapan pada tiga bulan pertama tahun ini masih belum terpengaruh oleh meluasnya pandemi Covid-19.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Thomy Andryas mengatakan bahwa salah satu penopang masih positifnya kinerja perbankan adalah penerapan B-30. Korporasi pun berlomba menggunakan biodiesel dan membuat industri turunan minyak nabati.

“Kemudian implikasi positif dari pembangunan RDMP [refinery development master plan/kilang minyak]. Ini yang membuat meningkatnya investasi,” katanya.

Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan, dana pihak ketiga perbankan pada kuartal I/2020 tercatat tumbuh 11,63%. Apabila dibandingkan dengan kuartal IV/2019, pertumbuhan ini lebih tinggi karena pada periode itu tercatat sevesar 8,53%.

Apabila diperinci, pertumbuhan ini ditopang dari pertumbuhan deposito yang mencapai 13%. Adapun, tabungan tercatat tumbuh 8,6% pada kuartal I/2020.

Pertumbuhan kredit pada kuartal I/2020 tercatat tumbuh 15,90% dengan dominasi pertumbuhan pada kredit modal kerja yang mencapai 25,36%. Kredus investasi pun juga tumbuh double digit pada angka 22,85%. Kualitas kredit pun tercatat masih baik pada kisaran 4,55%.

“Kita lihat growth [pertumbuhan] kredit konsumsi ada penurunan. Pada kuartal IV/2019 tumbuh 2,87%. Triwulan pertama sedikit lebih turun di 2,13%,” jelasnya.

Sementara itu,  Wakil Pemimpin Wilayah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Banjarmasin, Ahmad Muzakky mengatakan bahwa tiga bulan pertama 2020 kinerja masih bagus.

“Karena dampak Covid-19 baru awal April. Tapi yang pasti agak melambat karena kita berhati-hati. Jangan sampai kita ekspansi kredit, baru sebulan dua bulan sudah minta restrukturasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler