Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemeliharaan Kilang Minyak Balikpapan Ciptakan 700 Lapangan Kerja

Pertamina mengurangi kapasitas kilang karena stok masih melimpah.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 12 Mei 2020  |  18:30 WIB
Kilang pengolahan minyak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. - Antara
Kilang pengolahan minyak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Turunnya konsumsi bahan bakar minyak karena pandemi Covid-19 membuat PT Pertamina (Persero) mengurangi kapasitas kilang karena stok masih melimpah. Momen itu juga dimanfaatkan untuk pemeliharaan kilang.

Pertamina Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Roberth MV Dumatubun mengatakan bahwa Unit Kilang Minyak V (Refinery Unit/RU V) yang berada di Balikpapan melakukan perbaikan dan pemeliharaan hingga akhir Mei. Tujuannya agar kehandalan kilang tetap terjaga baik dan maksimal.

Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) di Balikpapan turun 40 persen dari hari normal. Sementara itu sejak Maret lalu, permintaan bensin domestik terus mengalami penurunan rata-rata 17 persen. Diesel turun rata-rata 8 persen dan avtur turun 45 persen.

Sejalan dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), permintaan BBM di kota-kota besar tercatat mengalami penurunan di atas 50 persen. Tertinggi adalah Jakarta dan Bandung yang turun hampir 60 persen.

Secara nasional penurunan permintaan BBM mencapai 35 persen dibandingkan dengan rata-rata Januari hingga Februari. Selain penurunan di BBM retail, penurunan permintaan juga terjadi untuk konsumen industri mengingat banyak yang berhenti beroperasi.

Momen ini memberikan angin segar bagi lebih kurang 700 tenaga kerja lokal Balikpapan untuk mendukung proyek pemeliharaan kilang.

“Alih-alih merumahkan pegawai di tengah krisis ekonomi akibat Covid-19, Pertamina RU V justru menambah tambahan tenaga kerja. Pastinya kami telah membekali para pekerja untuk mentaati prosedur protokol pencegahan Covid-19,” kata Robeth di Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (12/5/2020).

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi menjelaskan bahwa di saat banyak perusahaan merumahkan bahkan memutus hubungan kerja para karyawannya, Pertamina malah sebaliknya.

“Harapan kami untuk peluang kerja hanya ada di Pertamina, terutama untuk pemeliharaan kilang dalam menyerap tenaga kerja saat pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Pertamina Grup di Balikpapan yang terdiri atas Pertamina Refinery Unit V Balikpapan, Marketing Operation Region VI Kalimantan, Pertamina EP Asset 5, Pertamina Hulu Mahakam, dan Pertamina Hulu Kalimantan Timur membantu pemerintah kota menanggulangi pandemi Covid-19.

Total yang diberikan sebesar Rp2 miliar. Bantuan telah disalurkan sejak Maret lalu dan masih akan disalurkan hingga beberapa minggu kedepan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kaltim balikpapan
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top