Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Balikpapan Kaji Wajib Tes Swab PCR Bagi Penumpang Transportasi Udara

Selain sedang menyusun konsep normal baru atau new normal, Balikpapan sedang mengkaji syarat yang lebih ketat untuk masuk ke Kota Minyak melalui transportasi udara.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  18:39 WIB
Walikota Balikpapan Rizal Effendi saat menyampaikan perkembangan terbaru positif Corona di wilayahnya, Jumat (20/3/2020). - Bisnis/Jaffry Prabu P
Walikota Balikpapan Rizal Effendi saat menyampaikan perkembangan terbaru positif Corona di wilayahnya, Jumat (20/3/2020). - Bisnis/Jaffry Prabu P

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Selain sedang menyusun konsep normal baru atau new normal, Balikpapan sedang mengkaji syarat yang lebih ketat untuk masuk ke Kota Minyak melalui transportasi udara.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan untuk dapat memasuki wilayahnya, dia sedang memutuskan apakah akan mewajibkan seluruh penumpang memiliki hasil negatif usap belakang hidung dan tenggorokan atau swab berbasis tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Kita akan lihat hasil kajian kita tentang apa yang dilakukan Jakarta dengan menyarati tidak lagi dengan rapid test tapi dengan swab,” kata Rizal di Kantor Wali Kota, Selasa (26/5/2020).

Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020 tentang Surat Izin Keluar-Masuk, setiap orang yang hendak memasuki ibu kota harus dibuktikan salah satunya dengan uji swab.

Rizal menjelaskan bahwa kebijakan tersebut akan diambil dengan pertimbangan Balikpapan adalah daerah transit. Apa hanya beberapa penumpang pesawat atau seluruhnya, itu yang sedang dikaji.

“Karena kita daerah transit dan pekerja dari Jakarta cukup banyak juga melintas di Balikpapan,” jelasnya.

Selain Jakarta, Bali juga sudah menerapkan kebijakan serupa. Ini sesuai dengan berlakunya Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top