Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belum Berlakukan PSBB, Balikpapan Kaji New Normal dan Kewajiban Tes Swab

Pemerintah Kota Balikpapan tengah menyusun konsep normal baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  19:17 WIB
Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan perkembangan terbaru positif Corona di wilayahnya, Jumat (20/3/2020) -  Jaffry Prabu P./Bisnis
Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan perkembangan terbaru positif Corona di wilayahnya, Jumat (20/3/2020) - Jaffry Prabu P./Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan tengah menyusun konsep normal baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Kota Minyak itu juga tengah mengkaji kewajiban tes uji belakang hidung dan tenggorokan (swab) bagi penumpang pesawat yang datang ke wilayahnya.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Sa’bani mengatakan bahwa sampai saat ini Balikpapan belum mengusulkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Hanya, masing-masing kabupaten kota diminta melakukan mekanisme beraktivitas selama Covid-19 ini. Tidak ada PSBB,” katanya saat dihubungi, Selasa (26/5/2020).

Sa’bani menjelaskan bahwa mekanisme tersebut seperti penutupan jalan pada jam tertentu. Selain itu, juga tidak ada acara yang mengumpulkan massa.

“Itu dilakukan sosialisasi tapi tidak ada ada sanksi karena tidak dilakukan PSBB dan karantina wilayah. Jadi bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat dan saran untuk mengikuti anjuran bagaimana pandem ini bisa dicegah,” jelasnya.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan bahwa kajian new normal akan mengikuti petunjuk dari Presiden Joko Widodo. Kota Minyak akan mengambil contoh wilayah lain.

Kenormalan baru, mau tidak mau harus diterapkan. Oleh karena itu, dalam penanganannya Puskesmas, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan kelurahan harus diperkuat.

PKK akan jadi motor penggerak pola hidup bersih. Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan. Sementara itu, kelurahan pengawas siaga Covid-19.

Di saat yang bersamaan perusahaan mulai bisa beraktivitas tanpa melupakan protokol pencegahan corona. Konsep bekerja di rumah atau work from home (WFH) juga berlaku dalam rencana normal baru.

Balikpapan juga sedang memutuskan apakah akan mewajibkan seluruh penumpang memiliki hasil negatif usap belakang hidung dan tenggorokan atau swab berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Kita akan lihat hasil kajian kita tentang apa yang dilakukan dengan Jakarta dengan menyarati tidak lagi dengan rapid test tapi dengan swab,” katanya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) New Normal
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top