Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hindari Covid-19, Siswa di Banjarmasin Masuk Sekolah Tahun Depan

Menghindari penularan Covid-19, siswa di Banjarmasih baru boleh masuk sekolah pada awal tahun depan.
Ilustrasi-Siswa sedang melaksanakan ujian di sekolah
Ilustrasi-Siswa sedang melaksanakan ujian di sekolah

Bisnis.com, BANJARMASIN - Penularan virus Corona penyebab Covid-19 hingga saat ini masih mengalami peningkatan.

Mengantisipasi penularan Covid-19 pada siswa, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina memutuskan belajar mengajar tatap muka di sekolah baru dimulai pada awal tahun depan, 4 Januari 2021.

Keputusan Wali Kota Banjarmasin itu tertuang dalam surat edaran nomor 800/2878-sekr/Dipendik/2020 tentang kebijakan bidang pendidikan tahun 2020/2021 di Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto di Banjarmasin, Senin (13/7/2020) menyatakan tahun ajaran baru yang ditetapkan Senin tetap dilaksanakan semua sekolah dari tingkat TK, SD hingga SMP.

Namun sesuai surat edaran dari Wali Kota, terangnya, pembelajaran dilakukan dengan sistem jarak jauh dengan metode daring maupun luring atau gabungan keduanya.

"Sistem pelajaran ini dimulai sejak hari ini (13/7) hingga 19 Desember 2020 atau selama satu semester, sekolah direncanakan dibuka kembali pada 4 Januari 2021," ujar Totok.

Selama kebijakan pelajaran sistem jarak jauh ini diterapkan, kata dia, sekolah harus memberikan pelajaran bermakna, tanpa harus memutus seluruh materi kurikulum.

Demikian juga, Sekolah wajib memberikan pendidikan kecakapan hidup dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh sesuai dengan karakteristik siswa, terutama terkait sikap ketahanan diri terhadap dan untuk terhindari dari Covid-19.

Ditegaskan Totok, pembelajaran jarak jauh harus mengacu pada petunjuk teknis dan pedoman yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

Ditambahkan Totok, dalam surat edaran Wali Kota Banjarmasin terkait kebijakan pendidikan ini juga disebutkan, selama pandemi Covid-19 orientasi pengenalan sekolah pada tahun ajaran baru ditiadakan.

Sistem belajar jarak jauh berlaku hingga ada kebijakan baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI atau pemerintah kota apabila memungkinkan sebelum 19 Desember 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler