Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Daya Beli Masyarakat Kaltim Menurun

Kaltim memang sudah dalam tren penurunan bahkan sebelum Covid dikarenakan perkembangan sektor utamanya (terutama batubara) yang menurun.
Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Muhammad Mutawallie Sya'rawie - Bisnis.com 02 Oktober 2020  |  20:58 WIB
Bazaar di Balikpapan. - Bisnis/Nadya Kurnia
Bazaar di Balikpapan. - Bisnis/Nadya Kurnia

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Badan Pusat Statistik (BPS) telah menyatakan Kalimantan Timur mengalami deflasi sebesar -0.46 persen yang disusul dengan penurunan indeks harga konsumen.

Berdasarkan hasil pemantauan BPS di 90 kota, terjadi terjadi penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 104,90 pada Agustus 2020 menjadi 104,85 pada September 2020.

Kepala Bank Indonesia Kalimantan Timur Tutuk SH Cahyono menyatakan bahwa IHK turun karena terdampak pandemi yang menyebabkan permintaan menurun.

Tutuk berpendapat bahwa hal ini tergantung bagaimana perkembangan penanganan Covid dan mobilitas masyarakat untuk dapat berkegiatan yang produktif.

Selain itu, Kaltim memang sudah dalam tren penurunan bahkan sebelum Covid dikarenakan perkembangan sektor utamanya (terutama batubara) yang menurun.

Selanjutnya, pemerintah terus melakukan realisasi fiskal dengan memberikan bantuan berupa subsidi dan bantuan untuk UMKM serta relaksasi kredit sehingga mampu mengurangi tekanan.

Dia juga berharap hal itu juga dapat meningkatkan daya beli dan permintaan masyarakat bawah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top