Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disnakertrans Kaltim Data Pekerja Terdampak Covid-19

Beberapa kabupaten/kota hingga kini masih belum memberikan data terkait jumlah PHK di wilayahnya masing-masing.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, SAMARINDA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Timur telah mengumpulkan data para pekerja yang berdampak pada pandemi Covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltim Pembinaan Hubungan Industrial Daeng Usman menyatakan berdasarkan data bulan Juli yang diterima jumlah tenaga kerja yang dirumahkan 8.504 orang berasal dari 220 perusahaan di Kaltim. Sedangkan tenaga kerja mendapat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) 1.943 orang dari 118 perusahaan.

“Sementara data yang kami terima itu. Data nya sendiri sudah kami kirim ke pusat,” katanya, Senin (5/10/2020).

Namun, beberapa kabupaten/kota hingga kini masih belum memberikan data terkait jumlah PHK di wilayahnya masing-masing. Ada beberapa kemungkinan sehingga Pemerintah Kabupaten/Kota belum juga memberikan data tersebut.

“Pertama, pihak perusahaan tidak melapor pada Pemerintah Kab/Kota. Kedua, gelombang PHK tidak ada lagi. Ketiga, pihak kabupaten kota belum efektif,” katanya.

Usman juga menjelaskan bahwa gelombang PHK tersebut paling banyak terjadi antara bulan Maret hingga Juni.

Kendati demikian, ia juga tidak memungkiri bahwa ada PHK yang terjadi namun dalam jumlah perorangan saja. Oleh karena itu, pihaknya terus mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota untuk dapat melaporkan data-data tersebut

Karyawan yang telah mendapat kartu prakerja dari Kementerian Tenaga Kerja sendiri tercatat sebanyak 11.179 orang yang terdiri dari beberapa sektor.

Daerah yang mendapatkan kartu prakerja sendiri paling banyak adalah Kota Balikpapan sebanyak 3.709 orang dari sektor perhotelan, jasa, dan kuliner. Kemudian disusul oleh Samarinda dengan 3.613 orang dari sektor perhotelan, jasa dan perkayuan. Dan penerima kartu prakerja paling kecil terjadi di daerah Mahakam Ulu yaitu sebanyak 3 orang.

Sementara itu, total pekerja yang dirumahkan dan PHK terjadi paling banyak di Kota Balikpapan sebanyak 6789 orang, disusul Kabupaten Kutai Kartanegara 1831 orang dan terdapat dua daerah yang jumlah nya nol yaitu Penajam Paser Utara dan Mahakam Ulu.

Kartu prakerja untuk provinsi Kaltim sendiri telah memasuki tahap gelombang ketiga. Yang mana untuk 10 Kabupaten/Kota telah mendapatkan 2756 dari gelombang pertama, 4.726 pada gelombang kedua, dan sebanyak 3715 pada gelombang ketiga.

Selain itu, Disnakertrans Kaltim juga menyatakan telah melayangkan surat kepada Kemenaker dan Kemenko Perekonomian terkait dengan kartu prakerja ini. “Kemarin sudah bersurat kepada Kemenaker dan Kemenko Perekonomian,” paparnya

Usman juga mengatakan bahwa Kemnaker yang memverifikasi data terkait kartu prakerja yang kemudian dikoordinasikan dengan Kemenko Perekonomian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper