Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tujuh Bulan Pandemi Covid-19, Ini Tips Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Peningkatan daya tahan tubuh di antaranya disumbang istirahat yang cukup.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 November 2020  |  09:40 WIB
Ilustrasi. - JIBI/Nurul Hidayat
Ilustrasi. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, SURABAYA - Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah menyampaikan kepada masyarakat beberapa tips yang bisa dilakukan setiap hari untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemi saat ini.

"Ada sejumlah tips yang kami berikan kepada masyarakat, agar bisa diikuti guna meningkatkan imun tubuh," kata Jubir Rita Juliawati di Palangka Raya, Rabu (4/11/2020).

Berdasarkan rilis Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, tips tersebut diantaranya istirahat cukup. Menurut National Sleep Foundation, setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur kurang lebih 7-9 jam dalam sehari.

Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan cara simpel saat proses meningkatkan imun tubuh. Perlu diingat, tanpa tidur cukup dalam sehari, tubuh tidak akan bisa memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin merupakan sejenis protein yang digunakan untuk melawan infeksi serta peradangan kemudian secara efektif akan menciptakan respon imun tubuh.

Kedua, rutin berolahraga, menurut salah seorang ahli di National Institute of Health, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Sehingga kegiatan ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Dengan berolahraga seseorang juga bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan, hal ini menjadikannya dapat mengurangi risiko terjangkit berbagai penyakit.

Ketiga konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Makanan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa pandemi Covid-19. Seseorang perlu memerhatikan prinsip keberagaman pangan, mengontrol berat badan secara rutin dan menjaga perilaku hidup bersih.

Keempat, konsumsi makanan penunjang sistem imun. Beberapa contohnya adalah brokoli dan bayam, sebab dalam dua jenis sayur tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin A.

Selain kedua sayur tersebut, masih banyak lagi makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh, diantaranya kunyit, bawang putih, ikan, kerang, tiram, serta buah-buahan seperti lemon, jeruk, kiwi, jambu dan lainnya.

Kelima, konsumsi banyak air putih. Masa pandemi seperti saat ini, sangat penting bagi seseorang untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh, agar tidak terinfeksi virus. Maka perlu memenuhi kebutuhan air sehingga tidak mengalami dehidrasi.

Dalam sehari, setidaknya harus mengonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh, agar tidak membuat metabolisme menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus.

Selanjutnya tips atau cara meningkatkan imun tubuh yang paling penting untuk dilakukan, yaitu mengelola stress dengan baik.

Tak kalah penting yakni menjaga kebersihan makanan. Dalam menjaga dan meningkatkan imun tubuh, seseorang harus mampu menerapkan pola atau perilaku hidup bersih. Menjaga kebersihan makanan perlu diperhatikan, mulai dari cara membersihkan bahan, proses pembuatan, hingga perlengkapan atau alat yang akan digunakan saat makan dan minum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top