Akselerasi Transaksi Nontunai, Bank Indonesia Balikpapan Gelar Festival Non Tunai Balikpapan

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Balikpapan mengakselerasi transaksi non tunai melalui Festival Non Tunai Balikpapan (Fentabi).
Transaksi nontunai dengan menggunakan Tapcash yang dikeluarkan BNI di loket Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Merak./Bisnis-Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019
Transaksi nontunai dengan menggunakan Tapcash yang dikeluarkan BNI di loket Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Merak./Bisnis-Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Bank Indonesia Kantor Perwakilan Balikpapan mengakselerasi transaksi non tunai melalui Festival Non Tunai Balikpapan (Fentabi).

Festival ini digelar dalam rangka memberikan edukasi dan sosialisasi ke berbagai kalangan tentang sistem pembayaran nontunai. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyanto mengungkapkan bahwa Fentabi merupakan program edukasi dan literasi tentang sistem pembayaran.

“Terutama elektronifikasi transaksi pemerintah daerah dan penggunaan instrumen pembayaran non tunai,” ujarnya dalam rilis kepada media, Rabu (11/11/2020).

Acara yang dimulai pada 12 November 2020 hingga 6 Desember 2020 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan mendorong penggunaan transaksi non tunai terutama di Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser, sekaligus membangun kesadaran masyarakat mengenai fitur-fitur keamanan pada transaksi non tunai.

Rangkaian kegiatan Fentabi terdiri atas webinar edukasi, virtual coaching clinic, lomba edukatif, serta virtual fun run and ride non tunai. Kegiatan diawali dengan webinar Percepatan Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemda yang akan digelar pada 12 November 2020, sekaligus launching website festivalnontunaibpn.com untuk registrasi perlombaan pada Fentabi.

Bimo juga menyebutkan peserta kegiatan ini diperkirakan mencapai 1.500 orang yang meliputi berbagai kalangan yaitu Pemerintah Daerah, Perbankan, asosiasi/organisasi, komunitas olahraga, akademisi, maupun masyarakat umum. Selain itu, terdapat lomba yang akan digelar di antaranya virtual fun run, cycling, dan podcast competition.

“Seluruh lomba dibuka secara luas dan gratis bagi masyarakat umum di Kota Balikpapan.,” jelasnya.

Bimo juga menyatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, peserta didorong untuk berkompetisi secara sehat sembari memanfaatkan pembayaran non tunai sehingga dapat menciptakan user experience di masyarakat Balikpapan.

Sementara dalam webinar edukasi akan mengangkat berbagai tema seperti elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, cyber security, serta transaksi non tunai di tengah pandemi COVID-19.

Bank Indonesia Balikpapan mengharapkan melalui Festival Non Tunai Balikpapan (FENTABI) dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat pembayaran non tunai, meningkatkan penetrasi penggunaan non tunai, mempercepat elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, sekaligus mendukung upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 melalui transaksi non-tunai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper