Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Siap Hubungkan Jaringan Listrik se-Kalimantan

Dalam waktu tidak lama lagi jaringan listrik antar provinsi di Kalimantan akan saling terhubung
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 27 November 2020  |  01:55 WIB
Ilustrasi - PLN
Ilustrasi - PLN

Bisnis.com, TANJUNG SELOR — PT PLN (Persero) menyatakan kesiapan membangun interkoneksi jaringan listrik di wilayah Kalimantan.  

Wakil Direktur Utama PT PLN Persero Darmawan Prasojo mengatakan bahwa progres realisasi interkoneksi di wilayah Kalimantan akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kebijakan dari Kementerian ESDM dan PLN [bahwa di] Kalimantan akan terhubung interkoneksi antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah kemudian kita sambungkan ke Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara,” ujarnya, Kamis (26/11/2020).

Namun, Darmawan tidak merincikan perihal waktu tersebut. Dia menambahkan, dengan adanya interkoneksi transmisi tersebut bukan hanya dapat meningkatkan keandalan listrik, tetapi juga menurunkan cost dan dapat menjangkau hingga ke seluruh pelosok Kalimantan sehingga akan tercipta keadilan energi.

“Listrik bukan hanya sebagai komoditas tapi sebagai pendorong ekonomi nasional sehingga rakyat Indonesia di Kalimantan bisa merasakan itu,” katanya.

Di sisi lain, PLN juga melihat bahwa potensi energi terbarukan di Kalimantan Utara sangat besar, salah satunya diwujudkan dengan pembangunan PLTA yang dapat menghasilkan potensi litrik besar.

“[Cara pemanfaatan potensi tersebut] itu ada dua alternatif yaitu, listriknya dikirim ke pusat beban atau pusat bebannya yang dikirim ke pusat energi,” paparnya

Untuk Kaltara, Darmawan menjelaskan konsep yang diterapkan adalah Renewable Energy Based on Industrial and Economic Development (Rebed). Kelak akan dibangun pusat industri baru yang akan membuat kesetimbangan dalam pasokan energi baru berbasis renewable energy, baik itu ramah lingkungan maupun harga per KWh yang lebih murah.

“Adanya investasi-investasi baru [masuk] yang mana tujuannya membuat bagaimana sumber daya alam di Kaltara ini bisa digunakan untuk memakmurkan rakyat,” pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN kalimantan
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top