Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sinergi Ekowisata Kaltim Tarik Wisatawan Mancanegara

Dukungan pemerintah provinsi sangat maksimal, seperti melakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk pengkajian dalam mengembangkan ekowisata di Kaltim.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 16 Desember 2020  |  07:50 WIB
Foto aerial Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (31/8/2019). Sebagian dari kawasan yang masuk sebagai hutan konservasi itu nantinya akan digunakan untuk wilayah ibu kota baru. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Foto aerial Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (31/8/2019). Sebagian dari kawasan yang masuk sebagai hutan konservasi itu nantinya akan digunakan untuk wilayah ibu kota baru. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) memaksimalkan ekowisata daerah dengan sinergi pada pelaku usaha pariwisata.

Direktur PT. Nusantara Wisata Tour & Travel Samarinda I Gusti Bagus Putra menyampaikan, bahwa dukungan pemerintah provinsi sangat maksimal, seperti melakukan focus group discussion (FGD) untuk mengkaji pengembangan ekowisata di Kaltim.

Pria yang akrab disapa Putra ini menuturkan, bahwa ada unsur-unsur terkait yang perlu dibenahi seperti bandara, pelabuhan dan infrastruktur. Dia menambahkan, hal ini harus dilanjutkan kembali kajiannya.

"Para Kadispar kota dan provinsi harus bisa menyampaikan kajian-kajian dan ulasan kepada Kemenparekraf," tambahnya.

Menurut Putra, pertumbuhan ekowisata Kaltim pada awal Januari hingga Februari 2020 memang terjadi peningkatan 60 persen. Namun, penurunan drastis terjadi sangat signifikan pada bulan Maret akibat pandemi.

"Dengan nilai yang sama (60 persen), penurunan ekowisata Kaltim sampai segitu," katanya, Rabu (16/12/2020).

Kendati demikian, Putra menilai ekowisata Kaltim saat ini mulai mengalami peningkatan. Dimana, terlihat dari pemerintah daerah yang mendukung satu sama lain termasuk dukungan langsung yang diberikan Dispar Kaltim.

Beberapa tempat yang menjadi lokasi favorit wisatawan mancanegara (wisman) telah dinantikan  antara lain Wehea-Kelay, Prevab Mentoko, Kampung Merasa, dan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF)

"Makanya ekowisata Kaltim ini sangat berharga, mungkin pembukaan izin untuk masuknya wisman bisa menjadi kabar sangat bahagia buat mereka," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim EKOWISATA
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top