Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lab PCR Bergerak Milik Pemprov Kaltara Terkendala Listrik

Aliran listrik ke Mobile PCR Lab dari kantor Dinkes belum memadai dikarenakan pengoperasiannya yang memerlukan kondisi pendinginan terus-menerus membutuhkan pasokan listrik yang besar.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 18 Desember 2020  |  18:53 WIB
Ilustrasi. - Antara
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Bergerak atau Mobile PCR Lab milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara) belum dapat beroperasi lantaran terkendala pasokan listrik.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara Usman menyatakan bahwa aliran listrik ke Mobile PCR Lab dari kantor Dinkes belum memadai dikarenakan pengoperasiannya yang memerlukan kondisi pendinginan terus-menerus membutuhkan pasokan listrik yang besar. “Jadi harus pemasangan baru dan sudah dianggarkan untuk listrik ini,” ujarnya dikutip dari Humas Kaltara, Jum'at (18/12/2020).

Usman menambahkan bahwa dengan masalah listrik yang teratasi, maka lab dapat dioperasikan dengan segera. Di sisi lainMobile PCR Lab tersebut akan dioperasikan di kantor Dinkes Kaltara yang dijalankan oleh 5 petugas.

“5 orang dari sini termasuk penanggung jawabnya. Jika volume pekerjaan jadi lebih banyak, dimungkinkan akan ada perekrutan,” jelasnya.

Adapun, tes yang dilakukan di Mobile PCR Lab akan mampu memeriksa sebanyak 140 running test .

“Jadi ada beberapa proses, [seperti] PCR dulu, lalu ekstrasi selama 30 sampai 40 menit, kemudian PCR lagi. Jadi total 4 sampai 5 jam,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona kaltara
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top