Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UMKM Fashion dan Kuliner Kaltim Didukung Dekranasda dan BI

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Norbaiti Isran Noor menyatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kaltim dalam kurasi produk fashion atau kain dan kuliner di Kaltim.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  22:11 WIB
Perajin menatah tembaga saat pembuatan kerajinan tembaga motif gunungan wayang di Tumang, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/9/2018). - ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Perajin menatah tembaga saat pembuatan kerajinan tembaga motif gunungan wayang di Tumang, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/9/2018). - ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, SAMARINDA — Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus mendapat dukungan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Norbaiti Isran Noor menyatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kaltim dalam kurasi produk fashion atau kain dan kuliner di Kaltim.

"Ini kabar baik bagi pelaku UMKM. Sinergi ideal dengan Bank Indonesia untuk memajukan pengrajin dan UMKM di Kaltim. Tentu kita sambut gembira," ujarnya dikutip dari Humas Kaltim, Rabu (17/2/2021).

Selanjutnya, kedua pihak akan mendata produk kriya dan kuliner yang siap dikurasi guna ditampilkan di laman laminetam.id dan diikutsertakan pada kegiatan Bank Indonesia lainnya seperti Karya Kreatif Indonesia (KKI) dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

Dia menambahkan banyak produk kriya berkualitas dalam binaan Dekranasda yang memiliki daya saing hingga menjadi komoditas ekspor karena pemilihan produk kriya tersebut didasarkan oleh seleksi terlebih dahulu.

Dimana, salah satu produk yang berhasil lolos adalah Ulap Doyo dari Tanjung Isuy yang menggunakan bahan serat alami dari tumbuhan lokal di daerah Kabupaten Kutai Barat serta Tenun Tumbit khas Kabupaten Berau.

Selain itu, terdapat pula batik ecoprint dari Kabupaten Paser dan Berau. Dimana, batik tersebut memiliki motif daun-daun alami yang ditimpa di atas kain serta termasuk juga dalam kategori produk kriya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm fashion
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top