Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kopi Liberica dari Kayong Utara Rambah Berbagai Daerah

Kopi Liberica dari Kayong Utara semakin diminati masyarakat dari berbagai daerah se-Indonesia. Kopi tersebut memiliki rasa berbagai buah-buahan.
Ilustrasi penikmat kopi./Reuters
Ilustrasi penikmat kopi./Reuters

Bisnis.com, PONTIANAK – Kopi Liberica yang berasal dari Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, semakin diminati masyarakat Indonesia di berbagai daerah, menurut pemilik Kopi Jago Jalanan (Kojal) Gusti Iwan Dermawan.

Dia menjelaskan kopi memiliki aneka rasa buah-buahan dan semakin diminati pasar atau penikmat kopi dan bahkan sudah dikenal luas di Nusantara.

"Kopi Liberica memiliki aneka cita rasa khas buah-buahan. Hal itu karena tumbuh di pesisir pantai dan di sekitar kebun kopinya terdapat tumbuh-tumbuhan liar seperti jambu monyet dan lainnya sehingga memengaruhi rasa pada kopi," kata Iwan yang ikut memperkenalkan dan memopulerkan kopi Liberica.

Dia mengemukakan bahwa kopi Liberica bernilai dan memiliki potensi tinggi serta semakin berkembang dengan olahan yang sangat baik dari petani, sehingga memiliki cita rasa yang khas dari kopi itu sendiri.

Sebagai pemilik Kojal, Iwan mempertahankan kualitas biji kopi yang memiliki rasa khas dan alami pada kopi Liberica.

"Kita sedang mempertahankan kualitas biji kopi agar tidak ada perubahan dari rasanya. Dengan demikian, pelanggan tetap percaya dengan rasa yang konsisten.Yang terpenting juga petani tetap menjaga pascapanen," ungkapnya.

Ia mengatakan kopi Liberica sudah bergerak dan berkembang di beberapa kota di Kalbar maupun di luar daerah tersebut.

"Perkembangannya sangat baik dan proses olahannya juga semakin baik dari petani Kayong Utara. Kami juga sudah membuka cabang di Singkawang dan Pontianak bahkan luar kota seperti Malang, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Depok, dan Madiun," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper