Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kopi Liberica dari Kayong Utara Rambah Berbagai Daerah

Kopi Liberica dari Kayong Utara semakin diminati masyarakat dari berbagai daerah se-Indonesia. Kopi tersebut memiliki rasa berbagai buah-buahan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  00:47 WIB
Ilustrasi penikmat kopi. - Reuters
Ilustrasi penikmat kopi. - Reuters

Bisnis.com, PONTIANAK – Kopi Liberica yang berasal dari Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, semakin diminati masyarakat Indonesia di berbagai daerah, menurut pemilik Kopi Jago Jalanan (Kojal) Gusti Iwan Dermawan.

Dia menjelaskan kopi memiliki aneka rasa buah-buahan dan semakin diminati pasar atau penikmat kopi dan bahkan sudah dikenal luas di Nusantara.

"Kopi Liberica memiliki aneka cita rasa khas buah-buahan. Hal itu karena tumbuh di pesisir pantai dan di sekitar kebun kopinya terdapat tumbuh-tumbuhan liar seperti jambu monyet dan lainnya sehingga memengaruhi rasa pada kopi," kata Iwan yang ikut memperkenalkan dan memopulerkan kopi Liberica.

Dia mengemukakan bahwa kopi Liberica bernilai dan memiliki potensi tinggi serta semakin berkembang dengan olahan yang sangat baik dari petani, sehingga memiliki cita rasa yang khas dari kopi itu sendiri.

Sebagai pemilik Kojal, Iwan mempertahankan kualitas biji kopi yang memiliki rasa khas dan alami pada kopi Liberica.

"Kita sedang mempertahankan kualitas biji kopi agar tidak ada perubahan dari rasanya. Dengan demikian, pelanggan tetap percaya dengan rasa yang konsisten.Yang terpenting juga petani tetap menjaga pascapanen," ungkapnya.

Ia mengatakan kopi Liberica sudah bergerak dan berkembang di beberapa kota di Kalbar maupun di luar daerah tersebut.

"Perkembangannya sangat baik dan proses olahannya juga semakin baik dari petani Kayong Utara. Kami juga sudah membuka cabang di Singkawang dan Pontianak bahkan luar kota seperti Malang, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Depok, dan Madiun," paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi kalimantan barat

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top