Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Kalsel Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Ritel

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel, Birhasani mengatakan program misi dagang antara pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pengusaha ritel telah dilakukan.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  21:20 WIB
Suasana pasar terapung di Sungai Barito Kalimantan Selatan - Indonesia Travel
Suasana pasar terapung di Sungai Barito Kalimantan Selatan - Indonesia Travel

Bisnis.com, SAMARINDA – Pemprov Kalsel berupaya memperluas pemasaran produk lokal dengan memasuki perdagangan ritel.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel, Birhasani mengatakan telah melakukan pertemuan dagang antara pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pengusaha ritel sejak beberapa waktu lalu.

“Beberapa persyaratan untuk bisa dipasarkan di ritel modern, suatu produk daerah itu harus memiliki izin industri rumah tangga yang sudah terverifikasi, harus memiliki sertifikat halal, SNI, segi kualitas, standar produksi itu harus memenuhi persyaratan,” ujarnya dikutip dari Media Center Kalsel, Selasa (30/3/2021).

Dia menambahkan pasar modern di Kalsel sangat terbuka untuk medukung perluasan pasar produk lokal. Namun, sebagian pelaku usaha saat ini terkendala modal dan bahan baku untuk bersaing di sektor tersebut.

Birhasani mengaku bahwa hal tersebut menjadi kelemahan yang dimiliki pelaku usaha lokal, meskipun banyak pula produk asli daerah yang berhasil masuk ke pasar ritel tidak hanya di Kalimantan Selatan, tetapi juga Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah serta sejumlah daerah di Pulau Jawa

Adapun, dia berharap agar produk lokal UMKM dapat meningkatkan kualitas dan mampu bersaing, sehingga bisa diterima oleh pasar baik itu pasar lokal, pasar rakyat, pasar tradisional, dan pasar ritel modern.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kalsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top