Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tarif GeNose di Bandara Samarinda Rp50.000, Pendaftaran Bisa Lewat Daring

Untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang, calon penumpang diimbau melakukan pemeriksaan GeNose C19 H-1 sebelum keberangkatan atau selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 09 April 2021  |  16:22 WIB
Tarif GeNose di Bandara Samarinda Rp50.000, Pendaftaran Bisa Lewat Daring
Antrian penumpang yang tengah menunggu hasil GeNose di Bandara APT Pranoto Samarinda. - Bisnis Indonesia/Sya\'rawie
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA — Klinik mitra Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda mematok harga Rp50.000 untuk penggunaan GeNose kepada penumpang.

Klinik mitra bandara yaitu Klinik Media Farma menyediakan 5 unit GeNose ditambah 2 unit cadangan, beserta 12.000 kantong tiup dengan kapasitas periksa 1 unit GeNose adalah 40 orang per jam. 

Pemilik sekaligus penanggung jawab Klinik Media Farma Ani Widyastuti menyatakan harga tersebut sudah sesuai dengan pertimbangan yang ada dan sewaktu-waktu bisa berubah.

"Tentunya ini bukan harga mati, jika ada ketentuan standarisasi dari Kementerian, tentu akan kami ikuti," ujarnya, Jum'at (9/4/2021).

Ani mengungkapkan pada hari pertama tersebut penggunaan GeNose terpantau tertib dan aman. Pemeriksaan dibuka mulai pukul 5.30 WIB sampai dengan jadwal boarding tutup.

"Hingga pukul 11.30 WIB terdapat 29 penumpang yang melakukan tes dengan hasil seluruh penumpang dinyatakan negatif," ungkapnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan prosedur jika hasil pemeriksaan GeNose C19 penumpang positif, maka penumpang tidak dapat melanjutkan proses keberangkatan dan akan diarahkan ke bilik konsultasi

"Pasien akan diminta pulang dan penerbangan berarti batal serta diimbau untuk isolasi mandiri dan swab test," jelasnya.

Ani melanjutkan dalam tahap awal pihaknya memberikan kuota sebanyak 300 pack dalam sehari untuk mencegah terjadinya kerumunan.

"Kita liat flow agar tidak terjadi penumpukan dan akan kita evaluasi setelahnya yang akan dikoordinasikan kembali dengan UPBU [Unit Penyelenggara Bandar Udara]," tambahnya. 

Adapun, untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang, dia mengimbau agar calon penumpang melakukan pemeriksaan GeNose C19 H-1 sebelum keberangkatan atau selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan.

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Agung Pracayanto mengatakan layanan perdana GeNose di Bandara APT Pranoto diharapkan dapat meningkatkan trafik penumpang. 

"Harapannya ada peningkatan karena kan harganya relatif murah, kita lihat ini juga mulai masuk Ramadan," katanya.

Sebagai informasi, calon penumpang yang akan menggunakan layanan genose di Bandara APT Pranoto dapat mendaftar di website genose.mediafarmapranoto.com dan mengisi data diri secara lengkap.

Sebelum mendaftar, penumpang diwajibkan untuk memiliki tiket penerbangan, berada dalam kondisi yang sehat, dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit, tidak menggunakan parfum yang menyengat, dan melakukan verifikasi data dan pembayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara samarinda baru Genose
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top