Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perkembangan QRIS Kaltim paling Cepat di Kalimantan

Secara kesiapan infrastruktur digital Kaltim juga masuk dalam kategori provinsi yang paling baik di antara banyak provinsi lainnya di Indonesia.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 15 April 2021  |  14:47 WIB
Penyerahan cinderamata kepada Gubernur Kaltim Isran Noor dari Bank Indonesia Kaltim. - Istimewa
Penyerahan cinderamata kepada Gubernur Kaltim Isran Noor dari Bank Indonesia Kaltim. - Istimewa

Bisnis.com, SAMARINDA — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur menyatakan masyarakat provinsi tersebut sangat siap menerima perubahan di era digital saat ini.

"Hal ini terbukti dari perkembangan QRIS di Kalimantan Timur yang paling cepat di Kalimantan dan berada di atas rata-rata perkembangan nasional," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Timur Tutuk S.H. Cahyono dikutip dari keterangan resmi, Rabu (14/4/2021).

Tutuk melanjutkan, secara kesiapan infrastruktur digital Kaltim juga masuk dalam kategori provinsi yang paling baik di antara banyak provinsi lainnya di Indonesia jika menggunakan ukuran indeks ICT (Information, Communication and Technology).

"Hal ini menjadikan peluang bagi semua pihak terkait, untuk meningkatkan digitalisasi keuangan di Kalimantan Timur sekaligus mendukung Pemerintah dalam mengurangi risiko penularan Covid-19," katanya.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala OJK juga menyampaikan bahwa OJK akan terus mendukung pemerintah dan masyarakat untuk memperoleh akses perbankan melalui kemudahan layanan bagi nasabah.

Adapun, selama Ramadan tahun ini BI Perwakilan Kaltim mengadakan rangkaian edukasi. Hal tersebut dilakukan dengan mengangkat tema “BI FITRAH” atau Bulan Inspirasi Festival QRIS dan Cinta Rupiah, sebagai langkah konkrit untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait transaksi ekonomi nontunai serta uang Rupiah. 

Gubernur Kalimantan Timur juga berpesan kepada jajaran pimpinan perbankan yang hadir dalam acara untuk turut berkontribusi bagi pengembangan UMKM termasuk mengurangi peran rentenir dengan bantuan pembiayaan karena kemajuan UMKM dapat berperan dalam mengurangi kesenjangan ekonomi antar golongan masyarakat.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) yang telah dilaksanakan pada 5-8 April 2021. 

Selain itu, Tutuk menjelaskan masyarakat juga diperkenalkan layanan baru Bank Indonesia yang dikenal sebagai BI Live Sandbox Space (BLISS) yang dapat diakses melalui www.bi.go.id/id/BLISS. BLISS merupakan modul belajar yang disiapkan khusus untuk membantu pelaku usaha baru atau UMKM.

Berbagai modul pembelajaran tersedia di microsite ini, mulai dari bagaimana cara berjualan online (on boarding UMKM), bertransaksi secara digital, memilih logistik, memasarkan produk hingga cara memperoleh pendanaan. Konten-konten edukasi pada microsite ini merupakan kolaborasi antara Bank Indonesia dengan pelaku ekonomi digital di Indonesia, seperti fintech, e-commerce, perbankan, dan payment gateway.

Dia mengungkapkan penggunaan non-tunai di Kalimantan Timur juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan seperti QRIS Komunitas Award untuk menjaring komunitas menjadi merchant QRIS, Bazar QRIS Drive Thru berupa pengalaman berbelanja menggunakan QRIS secara online melalui minishop.id, serta QRIS Transaction Awards di lingkungan Pemda dan Pasar Citraniaga.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan Sosialisasi dan Edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, Edukasi Transaksi Non Tunai seperti digital banking dan QRIS, serta Sosialisasi Kebijakan Terbaru Penukaran UPK 75 yang terbaru dimana masyarakat baik secara perorangan dan kolektif dapat melakukan penukaran dalam jumlah relatif banyak sesuai kebutuhannya.

Adapun, untuk mendapatkan pelayanan perbankan digital dan melakukan pendaftaran QRIS, masyarakat dapat menggunakan Platform Virtual Banking dan QRIS Expo 2021 yang telah disediakan oleh 29 Bank dan 23 Penyelenggara QRIS.

Dimana, Digital Platform tersebut juga menjadi one stop shopping produk perbankan dan pembayaran digital yang dapat diakses secara non-stop oleh masyarakat umum selama 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu hingga Maret 2022.

Sebagai informasi, Virtual Banking dan QRIS Expo 2021 tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara Bank Indonesia bersama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) dan Penyelenggara QRIS Kalimantan Timur. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui media sosial BI Kalimantan Timur serta media speaker/video di banyak pasar tradisional di Kalimantan Timur, sebagai bentuk kolaborasi dengan Dinas Perdagangan, Dinas Pendapatan, dan Bank Kaltimtara se Kalimantan Timur.

Kegiatan ini juga akan beriringan dengan program BMPD Kalimantan Timur selama bulan Ramadhan yang mengangkat tema “Ramadhan Berbagi dan Menginspirasi di Masa Pandemi".

Informasi lengkap dan akses kegiatan Virtual Banking dan QRIS Expo 2021 dapat dikunjungi melalui website www.laminetam.id. Ke depan, Bank Indonesia akan terus bersinergi dengan Perbankan dan Penyelenggara QRIS dalam akselerasi akses keuangan digital dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia kaltim nontunai
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top