Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi BBM RON 90 di Kalimantan Meningkat Signifikan

Pertamina mencatat penggunaan BBM yang berangka RON (Research Octane Number) tinggi 90 meningkat signifikan melalui Pelaksanaan Program Langit Biru (PLB). 
Pengisian Pertalite di salah satu SPBU Balikpapan./Istimewa
Pengisian Pertalite di salah satu SPBU Balikpapan./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN –- Pertamina Marketing Operation Regional Kalimantan mencatat penggunaan BBM yang berangka RON (Research Octane Number) tinggi 90 meningkat signifikan melalui Pelaksanaan Program Langit Biru (PLB). 

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina MOR Kalimantan Susanto August Satria menyatakan BBM yang memiliki RON tinggi selama pemberlakuan PLB tidak hanya dialami oleh jenis Pertalite saja namun dialami juga oleh produk BBM Non Subsidi lainnya.

“Kami mencatat selama kurun waktu dua bulan terakhir ini, BBM non subsidi jenis Pertamax, Pertamax Turbo di wilayah yang menerapkan PLB mengalami peningkatan konsumsi yang cukup signifikan,” ujarnya dalam rilis, Kamis (27/5/2021).

Dia memaparkan kenaikan konsumsi tersebut berasal dari Pertalite yang naik sebesar 57 persen dengan konsumsi rata-rata 861 kilo liter/hari yang sebelum PLB hanya mencapai 547 kilo liter/hari menjadi, disusul Pertamax dengan kenaikan 20 persen dan peningkatan konsumsi sebesar dari 130 kilo liter/hari menjadi 157 kilo liter/hari.

Sedangkan, Pertamax Turbo yang mempunyai nilai RON paling tinggi yaitu 98 di kelas produk Gasoline mencatat kenaikkan konsumsi sebesar 17 persen, yaitu dimana sebelum PLB konsumsi di 6,9 Kl/hari menjadi 8,1 KL/hari.

“Dari catatan dalam kurun waktu dua bulan terakhir ini, dapat disimpulkan bahwa masyarakat sudah lebih mempertimbangkan dan memilih produk Pertamina dengan nilai RON tinggi yang terbukti lebih ramah lingkungan, pembakaran sempurna, jarak tempuh lebih jauh dan pastinya menjaga performa mesin lebih awet,” katanya.

Saat sosialisasi PLB di SPBU MT Haryono, Arif yang tergabung dalam komunitas IMBI (Ikatan Motor Besar Indonesia) Balikpapan menyatakan mengendarai sangat terbantu dengan kehadiran Pertamax Turbo bagi motor nya yaitu BMW GS 1200.

“Tarikan motor terasa lebih ringan, suara mesin lebih halus, touring lebih aman,” terangnya.

Adapun, Satria menjelaskan pihaknya menghadirkan BBM nilai RON tinggi yaitu angka RON 90 untuk Pertalite, RON 92 untuk Pertamax dan RON 98 untuk Pertamax Turbo. Dimana, ketiga produk tersebut memiliki keunggulan yang lebih ramah lingkungan dan pembakaran yang lebih sempurna.

Satria mengungkapkan bahwa selain BBM jenis Gasoline dengan nilai RON tinggi, Pertamina juga menghadirkan BBM untuk mesin diesel atau sering disebut jenis Gasoil yaitu Dexlite dengan nilai Cetane Number (CN) 51 dan Pertadex yang mempunyai nilai CN 55 tertinggi di kelasnya.

Adapun, semakin tinggi nilai CN maka emisi buang semakin ramah lingkungan dan menjamin kinerja mesin tetap Tangguh bertenaga.

“Pengguna kendaraan agar mengikuti menyesuaikan dengan buku manual kendaraannya dalam memilih BBM supaya mesin lebih awet dan berkontribusi pada terciptanya udara yang lebih bersih,” pungkasnya.

Sebagai informasi, apabila masyarakat mempunyai masukan maupun keluhan produk dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau melalui aplikasi MyPertamina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper