Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Layanan 5G Hadir di Balikpapan

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyatakan apresiasi terhadap Telkomsel atas hadirnya 5G di Kota Balikpapan sekaligus menunjukkan pentingnya posisi Kota Balikpapan dalam peta bisnis di Indonesia.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 03 Juni 2021  |  20:27 WIB
Simbolisasi Layanan Pertama di Kalimantan untuk Kota Balikpapan kepada Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud. - Istimewa
Simbolisasi Layanan Pertama di Kalimantan untuk Kota Balikpapan kepada Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud. - Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN –- Kota Balikpapan menjadi kota pertama di Kalimantan yang dapat menikmati layanan 5G.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyatakan apresiasi terhadap Telkomsel atas hadirnya 5G di Kota Balikpapan sekaligus menunjukkan pentingnya posisi Kota Balikpapan dalam peta bisnis di Indonesia.

“Karena seringnya menjadi salah satu spot yang diprioritaskan untuk dituju dan sangat strategis bagi perkembangan usaha di tanah air. Dengan pemanfaatan broaband dengan teknologi terkini menjadi Langkah maju bagi perkembangan teknologi informasi di Kota Balikpapan, sekaligus mendukung keberadaan Kota Balikpapan sebagai salah satu Smart City di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (3/6/2021).

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan pada fase awal peluncuran ini, layanan Telkomsel 5G di beberapa wilayah di kota yang tersedia, cakupannya akan terus diperluas secara bertahap.

"Di Kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan," katanya.

Selain itu, Hendri mengungkapkan bahwa masyarakat dapat mencoba secara langsung pengalaman menggunakan layanan digital terkini yang didukung dengan jaringan 5G dari Telkomsel di area GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Surakarta, dan GraPARI Balikpapan.

"Hadir di GraPARI tersebut berbagai demo yang kedepannya dapat dimanfaatkan oleh segmen pelanggan umum dalam mendukung aktivitas keseharian, seperti seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access)," ungkapnya.

Kemudian, dia menuturkan perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

"Telkomsel akan terus memperluas kerjasama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung," tuturnya.

Adapun, Hendri menyatakan hadirnya jaringan 5G di tiga kota merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat, serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah.

Selanjutnya, hal tersebut juga dapat meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi bagi pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak.

"Hadirnya Telkomsel 5G ini merupakan simbol komitmen kami untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan." pungkasnya.

Sebagai informasi, pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top