Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPMPD Kaltim Catatkan Realisasi 100 Persen Penyaluran Dana Desa ke 841 Desa

Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin menyatakan realisasi tersebut berupa pemberian bantuan masker, penyemprotan disinfektan, hingga pembuatan posko penanggulangan Covid-19 Desa.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN –- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mencatat penggunaan Dana Desa terealisasi 100 persen di 841 desa se Kaltim.

Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin menyatakan realisasi tersebut berupa pemberian bantuan masker, penyemprotan disinfektan, hingga pembuatan posko penanggulangan Covid-19 desa.

"Alhamdulillah sudah 100 persen penggunaan Dana Desa, untuk alokasi 8 persen di Kaltim. Ini sebagai wujud komitmen Pemprov Kaltim bersama perangkat di desa-desa menangani Covid-19," ujarnya yang dikutip dari Humas Kaltim, Kamis (12/8/2021).

Dia menjelaskan, penggunaan Dana Desa untuk penanganan Covid-19 sesuai peraturan perundang-undangan meliputi dua hal, yaitu mengalokasikan anggaran minimal 8 persen dari total pagu Dana Desa untuk kegiatan penanganan Covid-19 dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

"Melalui bantuan ini, kita berharap penyebaran dan penularan virus Covid berkurang di hulunya atau di desa-desa," jelasnya.

Dia menambahkan, progres penyaluran BLT Dana Desa, sudah tersalurkan hingga tahap 6 dari 7 kabupaten se Kaltim, bahkan sudah ada yang menerima penyaluran tahap 9, yakni Kabupaten Berau dan Kabupaten Mahakam Ulu.

“Artinya kepastian pelaksanaan dan pemanfaatan alokasi DD dari pusat untuk penanganan Covid-19 di Benua Etam betul-betul dilaksanakan sesuai ketentuan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper