Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transaksi Kartu Kredit di Kaltim Melesat pada Kuartal II/2021

Peningkatan transaksi kartu kredit didorong momentum hari besar keagamaan seperti Ramadhan dan Idul Fitri serta perekonomian Kaltim yang semakin membaik pada kuartal II/2021.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 29 Agustus 2021  |  16:32 WIB
Model memperlihatkan Kartu Kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite saat peluncurannya, di Jakarta, Senin (3/12/2018). - JIBI/Dedi Gunawan
Model memperlihatkan Kartu Kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite saat peluncurannya, di Jakarta, Senin (3/12/2018). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Transaksi nontunai masyarakat Kalimantan Timur yang menggunakan kartu kredit mengalami peningkatan signifikan pada kuartal II/2021.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur Tutuk Cahyono menyatakan volume transaksi kartu kredit mengalami peningkatan dari minus 25,79 persen secara tahunan (yoy) menjadi tumbuh sebesar 48,86 persen secara yoy pada kuartal II/2021.

“Peningkatan tersebut baik dari segi volume maupun nominal transaksi seiring dengan perbaikan perekonomian Kaltim,” ujarnya, Minggu (29/8/2021).

Transaksi kartu kredit secara nominal juga meningkat sebesar 37,50 persen secara yoy atau mencapai Rp321,05 miliar, dibandingkan kuartal sebelumnya yang terkoreksi sebesar 33,41 persen secara yoy.

“Peningkatan transaksi kartu kredit di masyarakat terjadi utamanya didorong oleh optimisme masyarakat yang mengalami peningkatan seiring dengan adanya momen HBKN Ramadhan dan Idul Fitri serta perekonomian Kaltim yang semakin membaik pada kuartal II/2021,” jelasnya.

Sejalan dengan peningkatan transaksi kartu kredit, transaksi kartu ATM/Debit juga mengalami peningkatan pada kuartal II/2021.

Volume transaksi kartu ATM/Debit tercatat sebesar 2,07 juta transaksi, atau meningkat sebesar 15,15 persen secara yoy setelah pada kuartal sebelumnya terkontraksi sebesar 29,57 persen secara yoy. 

Adapun, transaksi kartu ATM/Debit juga mengalami peningkatan dari segi nominal, yaitu sebesar 20,36 persen secara yoy atau Rp1,22 triliun.

“Capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan nominal transaksi triwulan sebelumnya yang hanya mencapai Rp1,01 triliun,” pungkasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia kartu kredit non tunai
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top