Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga: Kalsel Punya Destinasi Wisata Religi Terbesar di Dunia, Lokasinya di Sekumpul

Dia mengungkapkan bahwa pengembangan destinasi tersebut dapat menjadi pilihan wisata religi luar negeri saat ini yang senilai dengan US$ 11 miliar apabila dikemas dengan baik
Menparekraf Sandiaga Uno / Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno / Kemenparekraf

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki destinasi wisata religi terbesar di dunia salah satunya yang berlokasi di Sekumpul, Martapura.

Dia mengungkapkan bahwa pengembangan destinasi tersebut dapat menjadi pilihan wisata religi luar negeri saat ini yang senilai dengan US$ 11 miliar apabila dikemas dengan baik.

“Kalau dikemas dengan baik ,wisatawan kita yang biasanya berwisata religi ke Kairo, ke Istanbul kita arahkan ke Kalimantan Selatan. Sehingga, US$11 miliar yang biasanya oleh wisatawan Indonesia di luar negeri bisa diarahkan untuk kemajuan rakyat Kalimantan Selatan,” ujarnya yang dikutip, Kamis (2/9/2021).

Menurutnya, Kalsel yang selama ini dikenal hanya dengan sumber daya alam juga memiliki daya tarik wisata yang luar biasa dengan produk ekonomi kreatif yang bervariasi.

“Kami akan berkegiatan untuk memastikan bahwa kepulihan daripada pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya,” katanya.

Sandi, sapaan akrabnya, mengungkapkan destinasi wisata religi di Sekumpul dapat menarik tiga sampai lima juta pengunjung ke Kalsel.

“2 tahun lalu, saya merasakan sendiri bagaimana kegiatan Haul Guru Abah Sekumpul di Martapura, Kalimantan Selatan ini memberikan dampak besar untuk ekonomi masyarakat sekitar. UMKM di sektor ekonomi kreatif menggeliat, pariwisata meningkat, lapangan kerja terbuka luas,” terangnya.

Adapun, rencana pengembangan destinasi tersebut akan dilakukan peningkatan dari segi lama tinggal wisatawan dan kualitas dari kunjungan melalui belanja produk-produk ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Kalsel dalam rangka meninjau sektor parekraf. Sebagai informasi, Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang akrab disapa Abah Guru Sekumpul oleh masyarakat Banjar merupakan ulama karismatik asal Martapura, Kalsel.

Abah Guru Sekumpul meninggal dunia pada 10 Agustus 2005 di usia 63 tahun dan dikebumikan di Kompleks Mushola Ar-raudah Martapura, Kalsel. Sejak saat itu, masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia maupun negara tetangga ramai melakukan ziarah untuk memperingati haul nya hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler