Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pemprov Kalbar Pastikan Pemekaran Provinsi Kapuas Raya Segera Terbentuk

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyatakan 32 hektare lahan untuk Kantor Gubernur Kapuas Raya sudah siap dan sudah disertifikatkan.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 03 November 2021  |  19:55 WIB
Pemprov Kalbar Pastikan Pemekaran Provinsi Kapuas Raya Segera Terbentuk
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA –- Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) memastikan pemekaran wilayah Provinsi Kapuas Raya segera terbentuk dengan meninjau lokasi calon Kantor Gubernur.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyatakan 32 hektare lahan untuk Kantor Gubernur Kapuas Raya sudah siap dan sudah disertifikatkan.

"Awalnya, kami sudah mau melakukan pengerasan jalan. Tetapi karena pandemi Covid-19, anggarannya direfocusing. Namun, pada intinya, semua sudah siap," ujarnya yang dikutip, Rabu (3/11/2021).

Sebelumnya, dia bersama Pelaksana Harian Bupati Sintang Yosepha Hasnah, Direktur Umum Bank Kalbar Rokidi, dan beberapa Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Kalbar melakukan peninjauan lahan Kantor Gubernur Kapuas Raya yang terletak di jalan Sintang-Putussibau Km 14 Kabupaten Sintang.

Sutarmidji mengungkangkan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan saat negara membuka ruang moratorium pemekaran Provinsi Kapuas Raya.

"Insya Allah, Provinsi Kapuas Raya dapat dimekarkan dan seandainya Gubernur bisa mengeluarkan SK pemekaran, pasti sudah saya tandatangani sejak lama. Tetapi prosesnya harus melalui kementerian," ungkapnya.

Adapun, dia menuturkan bahwa dengan adanya pemekaran wilayah menjadi Kapuas Raya, rentang kendali & koordinasi akan jadi lebih mudah dilakukan seperti pada saat terjadi bencana.

"Kami juga sudah sampaikan ke pemerintah pusat. Saya harap hal ini memiliki arti yang penting. Jika dimekarkan, penanganan bencana tentu lebih mudah dan koordinasi menjadi lebih dekat," pungkasnya.

Sebagai informasi, Provinsi Kalbar memiliki kawasan perbatasan sepanjang 972 KM dengan lima Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Sehingga saat pemekaran dilaksanakan, Provinsi Kalbar tinggal memiliki 2 PLBN dan Provinsi Kapuas Raya akan memiki 3 PLBN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan barat
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top