Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Perluasan Implementasi Eksyar - Bank Indonesia Balikpapan Bersama Masyarakat Ekonomi Syariah Gelar Festival Balikpapan Go Halal

Gelaran Festival Balikpapan Go Halal ini diselenggarakan pada tanggal 27 November 2021 di Balikpapan Islamic Centre (BIC).
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 28 November 2021  |  13:54 WIB
Foto: dok. Bank Indonesia
Foto: dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Dalam rangka meningkatkan iklim ekonomi syariah di Kota Balikpapan, Bank Indonesia Balikpapan bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menyelenggarakan Festival Balikpapan Go Halal pada tanggal 27 November 2021 di Balikpapan Islamic Centre (BIC).

Acara dibuka oleh Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud yang juga selaku ketua MES Balikpapan dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Balikpapan, Johan Marpaung, Ketua Badan Wakaf Indonesia Kota Balikpapan, Subari, Pengurus Pusat MES, Dr. Moch. Buchori Muslim serta peserta dari anggota MES dan masyarakat umum.

Foto: dok. Bank Indonesia

Dalam acara ini terdapat beberapa agenda penting, antara lain i) tabligh Akbar dengan tema “Sinergi Mengokohkan Ekonomi Syariah untuk Pemulihan Ekonomi Balikpapan”, ii) launching program 500 QRIS masjid/mushala, iii) launching wakaf corner, iv) Penyerahan sertifikasi destinasi wisata halal, serta v) Penyerahan MES Award untuk Instansi dan Tokoh.

Mengawali kegiatan, peserta mengikuti tabligh Akbar yang disampaikan oleh Dr Moch Buchori Muslim yang menyampaikan pentingnya pemahaman terkait halal lifestyle bagi umat muslim. Selanjutnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyampaikan perkembangan ekomomi syariah terutama dalam hal industri produk halal dan perbankan syariah.

Dalam sambutannya, Sri Darmadi Sudibyo juga memaparkan bahwa Bank Indonesia telah menyusun blueprint pengembangan ekonomi syariah sebagai bentuk konsistensi dalam mengembangkan eksyar.

Foto: dok. Bank Indonesia

Dalam tatanan daerah, Bank Indonesia juga telah melakukan pendampingan dan pemberdayaan unit bisnis pondok pesantren, mendorong business matching usaha syariah, pendampingan sertifikasi halal, serta memberikan bantuan sarana dan prasarana melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Sementara itu, Walikota Balikpapan menyampaikan bahwa pemerintah kota mendukung dan juga berupaya untuk meningkatkan iklim ekonomi syariah di Balikpapan. Dengan adanya kolaborasi terutama dari pemerintah, perbankan dan pemangku kebijakan lainnya, diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan eksyar di Balikpapan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan bersama Walikota Balikpapan dan Kepala Kemenag Balikpapan me-launching Program QRIS 500 masjid/mushala.

Melalui program ini diharapkan pengelolaan keuangan sosial menjadi lebih mudah. Di sisi masyarakat, sedekah menjadi lebih cepat, mudah dan dapat dilakukan dimana saja.

Foto: dok. Bank Indonesia

Selanjutnya, launching wakaf corner sebagai keberlanjutan dari program Wadah beriman yaitu pemanfaatan QRIS untuk pengumpulan dana wakaf yang digunakan untuk pemulihan UMKM di masa pandemi. QRIS wadah beriman akan ditempatkan di seluruh KUA di Balikpapan untuk memperluas jangkauan wakaf.

Sebagai upaya peningkatan halal lifestyle, pada kesempatan ini juga diberikan sertifikasi destinasi wisata halal kepada Pantai Manggar, Pantai Lamaru, Bamboe Wanadesa dan Hutan Lindung Sungai Wain.

Selain itu, MES Kota Balikpapan juga memberikan penghargaan kepada Bank Indonesia Balikpapan dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan sebagai instansi dan tokoh yang memberikan kontribusi luar biasa terhadap kemajuan ekonomi syariah di Balikpapan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perbankan
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top