Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Kaltim Beberkan Kebijakan Prioritas Pasca Ditetapkannya Pemindahan IKN

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Aswin menyatakan pembangunan SDM merupakan prioritas utama.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  16:45 WIB
Konsep Ibu Kota Negara. - Antara
Konsep Ibu Kota Negara. - Antara

Bisnis.com, SAMARINDA –- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) membeberkan kebijakan prioritas pasca ditetapkannya pemindahan ibu kota negara ke Benua Etam.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Aswin menyatakan pembangunan SDM merupakan prioritas utama.

“Arah kebijakan Pemprov Kaltim untuk mengisi  kebutuhan pasar kerja di wilayah IKN adalah yang pertama peningkatan kualitas dan kuantitas dan kualitas pendidikan vokasi, SMK, dan BLK utamanya dibutuhkan dalam pembangunan IKN,” ujarnya, Kamis (20/1/2022).

Dia melanjutkan, kebijakan yang mendukung itu adalah dengan pemberian beasiswa Kaltim Tuntas kepada pelajar di semua jenjang pendidikan dan mahasiswa di Kalimantan Timur, dimana beasiswa itu dinilai sebagai yang tertinggi di seluruh Indonesia dengan nominal mencapai Rp150 miliar lebih setiap tahunnya.

“Kita menyediakan 6.500 kuota dan yang mendaftar 15.000, yang masuk bahasa Inggris itu baru 4.600,” katanya.

Adapun, dia menuturkan bahwa Pemprov Kaltim berkomitmen untuk mendukung pemindahan ibu kota negara yang dapat dirasakan manfaatnya demi mencapai tujuan pembangunan daerah.

“Sejalan dengan rencana ini maka tema rencana kerja pemerintah daerah Kalimantan Timur pada tahun 2022 adalah reformasi struktural dan penguatan daya saing daerah dalam rangka menyambut IKN,” pungkasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim ibu kota negara
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top