Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bappeda Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kaltim Capai 9 Persen saat IKN Resmi Dipindah

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Aswin menyatakan berdasarkan hasil kajian Bappenas pemindahan ibu kota negara akan meningkatkan investasi riil di Kalimantan Timur sebesar 47 persen dan pertumbuhan ekonomi 7,3 persen.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  19:57 WIB
Desain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta  -  Twitter
Desain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta - Twitter

Bisnis.com, SAMARINDA – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Timur memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tumbuh 2 kali lipat pasca ditetapkannya pemindahan ibu kota negara Indonesia.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Aswin menyatakan berdasarkan hasil kajian Bappenas pemindahan ibu kota negara akan meningkatkan investasi riil di Kalimantan Timur sebesar 47 persen dan pertumbuhan ekonomi 7,3 persen.

“Berbeda dengan prediksi kita di Kalimantan Timur, dua kali lipat dari yang sekarang yaitu 9 persen pertumbuhan ekonomi akan kita capai,” ujarnya, Kamis (20/1/2022).

Kemudian, dia mengungkapkan bahwa investasi di regional Kalimantan akan meningkat sebesar 34,5 persen dan Indonesia secara keseluruhan meningkat investasi 4,7 persen.

“Selain itu ketersediaan lapangan kerja juga akan semakin meningkat bukan hanya di Kalimantan Timur tetapi juga di regional Kalimantan,” ungkapnya.

Adapun, dia menuturkan bahwa masyarakat Kalimantan Timur secara khusus sangat bahagia atas ditetapkannya pemindahan ibu kota Indonesia ke Kaltim.

“Semua masyarakat Kalimantan terutama Kalimantan Timur sangat bangga  dan bahagia atas pengumuman tersebut dan mempunyai ekspektasi yang tinggi bahwa pemindahan ibu kota negara itu akan meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” katanya.

Sebelumnya, DPR telah menyetujui RUU IKN menjadi undang-undang yang didukung oleh mayoritas fraksi dan DPD, sehingga proses pembangunan IKN di Penajam Paser Utara telah memiliki landasan hukum yang jelas.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi kaltim ibu kota negara
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top