Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kembali Ekspansi, TRJA Pisahkan Segmen Usaha Sekaligus Mendirikan 2 Entitas Anak Usaha

Sekretaris Perusahaan Alexander Syauta menyatakan ekspansi tersebut dilakukan melalui penambahan kegiatan usaha perseroan. Untuk itu, TRJA berencana menjadi holding company atau perusahaan induk bagi entitas anak yang didirikannya.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 23 Januari 2022  |  19:12 WIB
PT Transkon Jaya Tbk. (TRJA) akan melakukan IPO pada 27 Agustus 2020.  - Istimewa
PT Transkon Jaya Tbk. (TRJA) akan melakukan IPO pada 27 Agustus 2020. - Istimewa

Bisnis.com, SAMARINDA – PT Transkon Jaya Tbk (TRJA) berencana melakukan pemisahan segmen usaha dan pendirian dua entitas anak usaha dalam rangka keberlanjutan ekspansi bisnis.

Sekretaris Perusahaan Alexander  Syauta menyatakan ekspansi tersebut dilakukan melalui penambahan kegiatan usaha perseroan. Untuk itu, TRJA berencana menjadi holding company atau perusahaan induk bagi entitas anak yang didirikannya.

“Hal ini guna mendukung pencapaian tujuan konglomerasi dan perluasan kegiatan usaha perseroan,” ujarnya dikutip dalam keterangan resmi, Minggu (23/1/2022).

Pria yang akrab disapa Alex itu menambahkan, salah satu segmen usaha TRJA yang didirikan pada tahun 2011 yaitu Divisi Internet Service Provider (“PACNET”) akan dipisahkan kepada entitas anak perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 90 persen yang dimiliki oleh perseroan

“Dengan tujuan untuk lebih mengembangkan bisnis Internet Service Provider agar dapat dikelola menjadi lebih solid dan independen, mengintegrasikan operasi bisnis Internet Service Provider agar menjadi lebih tajam, fokus dan tidak menjadi divisi-divisi yang terpisah,” katanya.

Selain itu, tujuan lainnya adalah guna memunculkan kemandirian risiko dimana perseroan melalui entitas anaknya akan terhindar dari risiko tuntutan atau gugatan hukum maupun risiko kegagalan bisnis.

Di sisi lain, Alex menjelaskan dengan melakukan pemisahan segmen usaha dan pemekaran kegiatan usaha, perseroan juga berencana untuk mendirikan dua entitas anak.

Pertama, entitas anak dengan kegiatan usaha utamanya yang bergerak dalam bidang outsourcing.

Anak perusahaan tersebut diproyeksikan dapat menyokong tenaga kerja khususnya drivers/pengemudi kepada customer melalui perseroan.

“Dimana aktivitas bisnisnya akan segera dilaksanakan setelah disetujuinya penambahan kegiatan usaha perseroan yakni penyediaan sumber daya manusia dan manajemen fungsi sumber daya manusia (“outsourcing/alih daya”) dengan kepemilikan saham 98 persen yang dimiliki oleh perseroan,” jelasnya.

Selanjutnya, entitas anak dengan kegiatan usaha utama yang bergerak dalam bidang Internet Service provider.

Keduanya akan segera dibentuk setelah disetujuinya penambahan kegiatan usaha perseroan yakni aktivitas perusahaan holding dan outsourcing melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Menurut Alex, ekspansi PT Transkon Jaya Tbk dalam hal pemisahan segmen usaha dan pendirian entitas anak mencermikan pertumbuhan perseroan untuk dapat bersaing di tengah dunia bisnis yang kompetitif.

Lebih lanjut, hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan keseriusan perseroan dalam merealisasikan setiap rencana dan strategi yang dirancang untuk pertumbuhan bisnis dan peningkatkan daya saing perseroan untuk membangun sumber daya yang lebih besar.

“Dengan melakukan perubahan kegiatan usaha, pemisahan segmen usaha, dan pendirian entitas anak dalam rangka melanjutkan strategi pengembangan usaha perseroan melalui diversifikasi, digitalisasi, dan ekspansi,” terang Alex.

Adapun, dia berharap dapat mengoptimalkan kinerja perseroan secara keseluruhan termasuk entitas anak perseroan agar memiliki daya saing dan keunggulan bisnis sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan menciptakan kepuasan bagi customer.

“Dan mewujudkan keberlanjutan bisnis perseroan yang menguntungkan bagi seluruh pemangku kepentingan secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transkon jaya
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top