Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Lonjakan Permintaan BBM, Pertamina Balikpapan Tambah Layanan

PT Pertamina (Persero) menyiagakan sejumlah layanan tambahan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM selama arus mudik.
Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi (tengah) memegang Kartu Kendali Solar Subsidi yang sedang digalakkan oleh Pertamina untuk menertibkan antrian dan menyalurkan solar subsidi tepat sasaran./Istimewa
Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi (tengah) memegang Kartu Kendali Solar Subsidi yang sedang digalakkan oleh Pertamina untuk menertibkan antrian dan menyalurkan solar subsidi tepat sasaran./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN – PT Pertamina (Persero) berupaya mengantisipasi arus mudik dan peningkatan kebutuhan BBM dengan sejumlah layanan tambahan di Balikpapan.

Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi menyatakan akan menyiapkan layanan-layanan tambahan berupa SPBU Siaga, mobil tangki siaga, motorist, SPBU Kantong, dan rest area yang dilengkapi fasilitas kesehatan bagi para pemudik di beberapa titik jalur mudik.

"Kami juga telah menurunkan tim Satuan Tugas Khusus Ramadan dan Idul Fitri [Satgas RAFI] tanggal 11 April hingga 10 Mei 2022 untuk memastikan kelancaran pasokan dan penyaluran BBM dan LPG kepada masyarakat," ujarnya, dikutip dari keterangan resmi, Senin (4/4/2022).

Hal tersebut disampaikan saat meninjau langsung kesiapan dan ketersediaan BBM ke lapangan pada Ramadhan 1443 H/2022 M di Kota Balikpapan.

Dia menambahkan pihaknya ingin memastikan kesiapan dan ketersediaan BBM secara langsung dengan mengunjungi tiga SPBU di Kota Balikpapan, yakni SPBU 6476105 Kebun Sayur, SPBU 6476110 KM 14, dan SPBU 6476119 KM 13 guna memastikan pelayanan yang prima dan keamanan stok BBM.

Dalam kunjungan tersebut, Dedi mengunjungi SPBU 6476105 Kebun Sayur lebih dahulu, dimana dalam beberapa minggu terakhir dikabarkan terdapat antrean panjang. Dia mengungkapkan bahwa dalam kunjungan tersebut antrean sudah dalam keadaan normal.

Dedi juga melakukan pengecekan sistem digitalisasi yang ada di SPBU, seperti monitoring digital stok BBM, CCTV, hingga penggunaan Kartu Kendali Solar Subsidi yang sedang digalakkan oleh Pertamina untuk menertibkan antrian dan menyalurkan solar subsidi tepat sasaran.

Selanjutnya, dia mengunjungi SPBU KM 9 yang dalam beberapa minggu terakhir dikeluhkan terdapat antrian yang didampingi oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Kalimantan, Freddy Anwar dan General Manajer Refinery Unit V Wahyu Sulistyo Wibowo.

Terakhir, Dedi melakukan kunjungan ke fasilitas SPBU 6476119 di KM 13 yang baru 3 hari beroperasi melayani solar subsidi.

“Sebagai upaya mengurai antrian, Pertamina menambah satu titik SPBU yang melayani pelayanan solar subsidi tepatnya di KM 13 yang searah ke Pelabuhan Kariangau, yang baru dibuka Jumat kemarin [1/4],” jelasnya.

Dedi turut mengapresiasi dukungan Polda Kaltim dalam mengungkap beberapa kasus penyelewengan solar subsidi yang ditampung dan diperjualbelikan kembali ke konsumen industri tambang dan sawit.

“Saya berterimakasih tentunya kepada Polda Kaltim dan jajarannya, yang belum lama ini menangkap oknum penyelewengan Solar Subsidi di wilayah Balikpapan, Penajam, dan Tenggarong. Dengan adanya pengungkapan illegal BBM ini oleh aparat penegak hukum maka efek jera yang dirasakan oleh oknum bisa menjadi edukasi bagi masyarakat untuk tidak curang dalam menggunakan BBM Subsidi,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyatakan pembukaan SPBU di KM13 telah membantu antrean solar yang mengular di Balikpapan.

“Dengan beroperasinya SPBU KM 13, telah mengurai antrian di SPBU-SPBU dan ini efeknya telah dirasakan saat ini,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper