Ciptakan Peluang Usaha Mandiri, PKT Bekali Generasi Muda Bontang Keahlian Barbershop

PKT akan terus meningkatkan komitmen serta kontribusi dalam mendukung kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, sebagai bentuk manfaat perusahaan sesuai amanah Kementerian BUMN terkait implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), sekaligus agen pembangunan dengan berperan aktif di berbagai bidang secara optimal. 
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bekerjasama dengan LPK Suvi Training menggelar program pelatihan keahlian barbershop dalam rangka penyiapan tenaga kerja baru di Kota Bontang./JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bekerjasama dengan LPK Suvi Training menggelar program pelatihan keahlian barbershop dalam rangka penyiapan tenaga kerja baru di Kota Bontang./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia andal dan terampil guna mendorong terciptanya kemandirian masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bekerjasama dengan LPK Suvi Training menggelar program pelatihan keahlian barbershop dalam rangka penyiapan tenaga kerja baru di Kota Bontang. 

Pimpinan Suvi Training Eviwanti mengatakan program pelatihan ini diikuti 10 peserta masing-masing lima peserta untuk peningkatan kompetensi menuju usaha barbershop, serta lima peserta lainnya pada pelatihan dasar penyiapan tenaga kerja. Materi pelatihan terbagi dalam dua sesi, yakni manajemen usaha dan keahlian yang akan berlangsung dalam 10 hari. Pelatihan ini sengaja disasar karena barbershop dinilai memiliki potensi sebagai usaha kekinian yang banyak dilirik generasi muda serta memiliki peluang untuk dikembangkan dalam upaya penciptaan lapangan kerja baru. 

"Para peserta terlebih dulu akan dilatih untuk manajemen usaha, selanjutnya baru tahap keahlian yang dibimbing langsung oleh instruktur berpengalaman di bidang barbershop," ujar Eviwanti saat pembukaan pelatihan di Suvi Training Center, Rabu (6/4/2022).

Setelah pelatihan nantinya para peserta akan tetap mendapatkan pendampingan dan bimbingan lanjutan untuk penguatan kapasitas keilmuan yang dimiliki, sehingga saat terjun menekuni usaha barbershop dapat berjalan sesuai harapan. Tahap awal pengaplikasian ilmu, rencananya akan dilaksanakan bakti sosial pemotongan rambut bagi anak panti asuhan di Kota Bontang, sebagai bentuk kepedulian sekaligus mengasah keterampilan yang didapat selama pelatihan. 

"Semoga dengan pelatihan ini bisa memberikan bekal bagi pemuda Bontang untuk menekuni usaha barbershop agar mampu mandiri kedepannya," tambah Eviwanti.

AVP Bina Lingkungan dan Kemitraan Departemen CSR PKT Irma Safni mengungkapkan pelatihan ini wujud kontribusi perusahaan dalam pengembangan kapasitas serta potensi generasi muda Bontang, sehingga dapat mandiri melalui sektor usaha yang digeluti. Pelatihan ini juga bentuk dukungan PKT terhadap program Pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran, dengan penciptaan lapangan kerja baru yang memiliki potensi dikembangkan guna mendorong kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.  

"Kami imbau para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga ilmu yang didapatkan mampu mendorong terciptanya peluang kerja baru khususnya di bidang barbershop," kata Irma. 

Ditambahkannya, PKT akan terus meningkatkan komitmen serta kontribusi dalam mendukung kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, sebagai bentuk manfaat perusahaan sesuai amanah Kementerian BUMN terkait implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), sekaligus agen pembangunan dengan berperan aktif di berbagai bidang secara optimal. 

"PKT akan terus memaksimalkan program dalam mendorong kemandirian masyarakat sebagai pilar penting dalam pembangunan ekonomi secara berkesinambungan, sehingga imlementasi TJSL perusahaan makin berdampak luas dan signifikan," tambah Irma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper