PKT Proaktif Salurkan 3.300 Paket Sembako Ramadan Bagi Warga Bontang

PKT mengalokasikan 3.300 paket sembako sesuai data Dinas Sosial Kota Bontang maupun rekomendasi kelurahan dengan sasaran utama penerima yang belum masuk program bantuan langsung pemerintah pada tahun ini.
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali menyalurkan ribuan paket sembako di 15 Kelurahan Kota Bontang./JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali menyalurkan ribuan paket sembako di 15 Kelurahan Kota Bontang./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali menyalurkan ribuan paket sembako di 15 Kelurahan Kota Bontang, sebagai bentuk kepedulian dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian selama Ramadan 1443 H. Bantuan yang dikemas pada program PKT Proaktif ini disalurkan secara bertahap melalui tiap kelurahan dan Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) PKT, Selasa (12/4/2022).

VP TJSL PKT Anggono Wijaya mengungkapkan bantuan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar PKT bagi masyarakat sebagai wujud kedekatan perusahaan dengan masyarakat sekaligus implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sesuai UU Nomor 19 tahun 2003, yang salah satunya mengatur tugas BUMN dan anak usahanya sebagai agen pembangunan dengan berperan aktif berpartisipasi di masyarakat. 

Tahun ini, PKT mengalokasikan 3.300 paket sembako sesuai data Dinas Sosial Kota Bontang maupun rekomendasi kelurahan dengan sasaran utama penerima yang belum masuk program bantuan langsung pemerintah. Sebanyak 3.000 paket disalurkan melalui 15 Kelurahan dan 300 paket lainnya melalui BPUI PKT. Tiap paket berisi beras, minyak goreng, telur, gula, mie instan hingga makanan ringan hasil produksi mitra binaan perusahaan. 

"Bantuan ini merupakan kesinambungan kontribusi PKT Proaktif bagi masyarakat Bontang, dengan terus hadir dan memberi manfaat khususnya di bulan Ramadan," ujar Anggono. 

Program berbagi sembako ini juga bentuk pemberdayaan PKT bagi UMK binaan perusahaan, yang setiap tahun dilibatkan untuk pengadaan seluruh kebutuhan paket yang disalurkan. Mulai dari tas kemasan yang diproduksi oleh mitra binaan di bidang jahit, pengadaan beras dari petani binaan, termasuk sembako hingga makanan ringan. Hal ini merupakan komitmen PKT untuk senantiasa memberdayakan UMK Bontang, sehingga mampu mandiri serta bangkit dan kembali berdaya pasca pandemi. 

"Melalui pemberdayaan untuk pengadaan paket sembako, pelaku usaha kecil hingga mitra binaan di Bontang bisa turut mendapat manfaat dari program ini dan makin berdampak pada kesejahteraan masyarakat," lanjut Anggono. 

Dirinya pun berharap bantuan PKT Proaktif ini dapat membantu masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan harian selama Ramadan hingga Idul Fitri. Kedepan, PKT akan terus berbuat bagi masyarakat serta meningkatkan kontribusi untuk memberi manfaat di berbagai sektor secara optimal. "Semoga ini bisa menjadi berkah, tak hanya untuk PKT tapi juga masyarakat dan UMK binaan yang terlibat," tambah Anggono. 

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali menyalurkan ribuan paket sembako di 15 Kelurahan Kota Bontang./JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali menyalurkan ribuan paket sembako di 15 Kelurahan Kota Bontang./JIBI-Istimewa

Ketua Panitia Ramadan 1443 H BPUI PKT Sulistiyanto, menambahkan 300 paket sembako yang disalurkan melalui BPUI PKT juga langsung diteruskan kepada masyarakat yang berhak, melalui Masjid dan Musala di berbagai wilayah. Bantuan ini bagian dari kolaborasi antara TJSL PKT bersama pihaknya, sebagai wujud syiar islam dengan berbagi berkah dan manfaat kepada masyarakat Bontang selama Ramadan. 

"Sebelumnya BPUI PKT juga menyalurkan 200 paket bagi masyarakat yang bermukim di kawasan sekitar Masjid Baiturrahman, yakni di Kelurahan Belimbing dan Telihan Bontang Barat. Program paket Ramadan ini rutin kami laksanakan setiap tahun, untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian di bulan puasa," papar Sulistiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper