Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Jaga Stok BBM di Kalimantan Saat Ramadan dan Lebaran 2022

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Freddy Anwar menyatakan Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) mulai 11 April hingga 10 Mei 2022 di kantor Regional dan seluruh lokasi suplai point BBM dan LPG yang tersebar di wilayah Kalimantan
Pertamina telah membagi BBM yang diproduksi ke dalam dua jenis, yaitu gasolin untuk kendaraan mesin bensin dan gasoil untuk mesin diesel. /Istimewa
Pertamina telah membagi BBM yang diproduksi ke dalam dua jenis, yaitu gasolin untuk kendaraan mesin bensin dan gasoil untuk mesin diesel. /Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melakukan sejumlah upaya guna memastikan keamanan konsumsi BBM di wilayah Kalimantan terpenuhi jelang perayaan Hari Raya Idulfitri 1443 H.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Freddy Anwar menyatakan Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) mulai 11 April hingga 10 Mei 2022 di kantor Regional dan seluruh lokasi suplai point BBM dan LPG yang tersebar di wilayah Kalimantan.

“Dalam mengawal kelancaran distribusi BBM & LPG, Satgas Ramadhan dan Idulfitri (RAFI), kebutuhan BBM diprediksi naik sejak H-3 untuk gasoline dan H-5 untuk gasoil,” ujarnya dalam rilis kepada media, Selasa (19/4/2022).

Sebagai langkah antisipasi terhadap lonjakan konsumsi BBM pada periode Satgas RAFI kali ini, Pertamina melakukan beberapa hal yaitu Pertama, meningkatkan stok gasoline seperti Pertalite dengan stok 7,33 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 5.615 kilo liter per hari menjadi 6.027 kilo liter per hari di wilayah Kalimantan.

Untuk Kalimantan Timur, peningkatan stok Pertalite sebesar 4,5 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 1.632 kilo liter per hari menjadi 1.706 kilo liter per hari.

Kedua, untuk Pertamax Turbo sebesar 11,2 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 34,5 kilo liter per hari menjadi 38,4 kilo liter per hari di wilayah Kalimantan. Bagi Kalimantan Timur, peningkatan stok Pertamax Turbo 13,3 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 10,5 kilo liter per hari menjadi 11,9 kilo liter per hari.

Kemudian, Pertamina meningkatkan Gasoil yaitu Solar sebesar 4,67 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 2.480 kilo liter per hari menjadi 2.596 kilo liter per hari di wilayah Kalimantan. Untuk Kalimantan Timur, peningkatan stok Solar 4,7 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 592 kilo liter per hari menjadi 620 kilo liter per hari.  

Selanjutnya, stok Dexlite saat ini sebesar 13,6 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 786,8 kilo liter per hari diprakirakan menjadi 894 kilo liter per hari di wilayah Kalimantan. Untuk Kalimantan Timur, peningkatan stok Dexlite 11,6 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 226 kilo liter per hari menjadi 252 kilo liter per hari.

Selain itu, Pertamina Dex sebesar 5,3 persen dari konsumsi normal harian atau sekitar 35,7 kilo liter per hari menjadi 37,6 kilo liter per hari di wilayah Kalimantan. Untuk Kalimantan Timur, estimasi konsumsi Pertamina Dex cenderung mengalami peningkatan 5,9 persen dari konsumsi normal atau sekitar 8,5 KL/hari menjadi 9 KL/hari.

Adapun, Freddy mengungkapkan bahwa Pertamina juga menyiagakan SPBU di jalur padat kendaraan dan wisata sebanyak 114 SPBU yang tersebar di Kalimantan Timur sebanyak 19 SPBU, Kalimantan Barat 46 SPBU, Kalimantan Tengah 15 SPBU, Kalimantan Utara 3 SPBU, dan Kalimantan Selatan 31 SPBU.

“Seluruh SPBU siaga ini akan beroperasi selama 24 jam dan telah dilakukan build up stok sejak H-7,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper